Persepsi Peternak Sapi Potong (Adopter dan Non Adopter IB) Terhadap Karakteristik Teknologi Inseminasi Buatan di Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng = Perceptions of Beef Cattle Breeders (Adopter and Non Adopter of Artificial Insemination) on the Characteristics of Artificial Insemination Technology in Marioriawa District, Soppeng Regency


Aulia, Kiki Rezky (2022) Persepsi Peternak Sapi Potong (Adopter dan Non Adopter IB) Terhadap Karakteristik Teknologi Inseminasi Buatan di Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng = Perceptions of Beef Cattle Breeders (Adopter and Non Adopter of Artificial Insemination) on the Characteristics of Artificial Insemination Technology in Marioriawa District, Soppeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011171329_skripsi_cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011171329_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011171329_skripsi_dp.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011171329_skripsi_05-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Keyakinan terhadap manfaat inseminasi buatan di kalangan peternak menyebabkan inseminasi buatan hanya di adopsi sebagian besar peternak saja di Kecamatan Marioriawa yaitu Kelurahan Limpomajang dan Kelurahan Manorang Salo, sehingga perlu diketahui karakteristik teknologi inseminasi buatan agar dapat membantu peternak mengurangi ketidakpastian teknologi serta akan menentukan kecepatan peternak untuk mengadopsinya. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mengetahui bagaimana persepsi peternak (adopter dan non adopter ib) terhadap karakteristik teknologi inseminasi buatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021 sampai Oktober 2021, di Kelurahan Limpomajang dan Kelurahan Manorang Salo Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif explanatory. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 90 peternak dari dua kelurahan yang berbeda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik inferensial dalam bentuk uji T-test. Hasil Penelitian di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. terdapat lima karakteristik teknologi yaitu relative advantage, compatibility, complexity, trialability dan observability. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan antara persepsi peternak adopter dan non adopter ib pada trialability (X4) dan observability (X5). Namun, pada relative advantage (X1), compatibility (X2) dan complexity (X3) tidak terdapat perbedaan signifikan antara persepsi peternak adopter dan non adopter ib.
Keywords : Persepsi, Inseminasi Buatan, Karakteristik Teknologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:16
Last Modified: 14 Apr 2022 05:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item
View Item