PERAN ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR PEMUDA DI KABUPATEN LUWU TIMUR = THE ROLE OF CIVIL SOCIETY ORGANIZATIONS IN APPLICATION OF INTER-YOUTH TOLERANCE VALUES AT EAST LUWU REGENCY


Paningaran, Indrawanto (2022) PERAN ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR PEMUDA DI KABUPATEN LUWU TIMUR = THE ROLE OF CIVIL SOCIETY ORGANIZATIONS IN APPLICATION OF INTER-YOUTH TOLERANCE VALUES AT EAST LUWU REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022181009_tesis_Cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022181009_tesis_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022181009_tesis_Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022181009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan organisasi masyarakat sipil dalam penerapan nilai-nilai toleransi di Kabupaten Luwu Timur dan merumuskan strategi dan peningkatan peran organisasi masyarakat sipil dalam penerepan nilai-nilai toleransi antar pemuda di Kabupaten Luwu Timur
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melibatkan 3 organisasi masyarakat sipil yakni Gerakan Pemuda Ansor, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia dan Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia. Informan dalam penelitian ini sebanyak 24 orang. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah SWOT.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa organisasi masyarakat sipil di Kabupaten Luwu Timur telah melakukan peran dengan cukup baik, tetapi masih ada hal-hal yang perlu dibenahi diantaranya adalah koordinasi dengan organisasi masyarakat sipil lainnya dalam hal kegiatan toleransi yang melibatkan semua unsur khususnya pemuda dan keterlibatan pemerintah perlu di maksimalkan lagi dengan baik serta penguatan nilai-nilai toleransi berbasis kearifan local yang ada didalam masyarakat di Kabupaten Luwu Timur.
Keywords : Organisasi mayarakat sipil, Peran, Toleransi, Pemuda.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:15
Last Modified: 14 Apr 2022 05:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item
View Item