Identifikasi Parasit pada Ikan Tongkol (E. affinis) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai = Identification of Parasites in Mackarel Tuna (E. affinis) at the Lappa Fish Auction Place (TPI), North Sinjai District, Sinjai Regency


Tamrin, Andi Fitriani (2022) Identifikasi Parasit pada Ikan Tongkol (E. affinis) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai = Identification of Parasites in Mackarel Tuna (E. affinis) at the Lappa Fish Auction Place (TPI), North Sinjai District, Sinjai Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
O11116302_skripsi_cover1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
O11116302_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
O11116302_skripsi_dp.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
O11116302_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia merupakan negara maritim yang memilki potensi sumber daya perikanan laut yang cukup besar. Ikan sebagai komoditi utama di subsektor perikanan merupakan salah satu bahan pangan yang kaya protein. Salah satu potensi perikanan yang dimiliki Sulawesi selatan terutama Kabupaten Sinjai yaitu permintaan ikan tongkol yang setiap tahun mengalami peningkatan konsumsi. Seperti ikan tuna pada umumnya ikan tongkol adalah salah satu komoditas ekspor perikanan laut Indonesia yang utama karna memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Namun, tingkat permintaan ikan tongkol tersebut dapat mengalami penurunan akibat adanya serangan parasit yang dapat menyebabkan penurunan kualitas ikan dan menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi parasit pada ikan tongkol (E. affinis). Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2020 di Laboratorium Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar. Sampel sebanyak 15 ekor ikan tongkol diperoleh dari 3 penegepul ikan yang berada di tempat pelelangan ikan lappa kecamatan sinjai utara kabupaten sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan kegiatan eksploratif yaitu observasi langsung dengan memilih 3 titik lokasi secara acak dan melakukan pengambilan sampel secara acak dari 3 pengepl ikan yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa. Sampel yang digunakan adalah ikan tongkol yang memiliki ukuran panjang berkisar antara 31-39,5 cm dan berat berkisar antara 389-813 gram/ekor. Parasit yang diperiksa berupa ektoparasit dan endoparasit. Ektoparasit diambil pada bagian insang sedangkan endoparasit diambil dari organ pencernaan dan jantung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 sampel ikan tongkol yang positif terinfeksi parasit. parasit yang ditemukan berupa endoparasit yang terdiri dari 3 spesies yaitu Echinorhyncus sp., Lechitocladium sp. dan Hirudinella sp. Hasil penelitian tidak ditemukan ektoparasit.
Keywords : Ikan tongkol (E. affinis), Parasit, Tempat Pelelangan Ikan Lappa Kabupaten Sinjai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:09
Last Modified: 14 Apr 2022 05:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item
View Item