PERAN ANGKATAN MUDA MUHAMMADIYAH (AMM) DALAM PEMBANGUNAN SUPRASTRUKTUR DAN INFRASTRUKTUR KEPEMUDAAN (STUDI KASUS KNPI SULAWESI SELATAN 2019 – 2022)


Praja, Soemitro Emin (2021) PERAN ANGKATAN MUDA MUHAMMADIYAH (AMM) DALAM PEMBANGUNAN SUPRASTRUKTUR DAN INFRASTRUKTUR KEPEMUDAAN (STUDI KASUS KNPI SULAWESI SELATAN 2019 – 2022). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P022181029_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P022181029_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022181029_tesis_COVER1.jpg

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P022181029_tesis-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract (Abstrak)

Peran Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dalam Pembangunan Suprastruktur dan Infrastruktur Kepemudaan (Studi kasus KNPI Sulawesi selatan 2019 – 2022) (Dibimbing oleh Dr. Abdul Razak Munir dan Dr. A Lukman Irwan).
Pemuda merupakan sumber daya paling potensial yang diharapkan mengisi berbagai posisi di tengah masyarakat. Karena perannya yang sangat penting maka pemuda diharuskan mampu mempertahankan tradisi dan idealismenya sebagai sebuah identitas. Pembangunan pemuda menjadi program penting bagi setiap negara di dunia, Pemuda selalu dikategorikan sebagai aset terbesar bangsa sekaligus tumpuan harapan dalam menegakkan cita-cita bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran AMM dalam pembenahan suprastruktur kepemudaan serta bagaimana peran AMM dalam pembenahan infrastruktur kepemudaan di KNPI Sulawesi selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dalam Pembangunan Suprastruktur dan Infrastruktur Kepemudaan di KNPI Sulsel yaitu KNPI Sulsel merespon realitas yang ada, melakukan advokasi dan menggalakkan aksi sebagai wadah perjuangan, kemudian menghidupkan forum-forum komunikasi melalui kegiatan diskusi seperti dialog social kemasyarakatan, kepemudaan dan kebangsaan serta FGD (Focuss Group Discussion) yang berbasis local secara berkesinambungan, serta menjadi laboratorium kader sebagai proses upaya regenerasi kepemudaan di Sulawesi selatan dan meningkatkan harmonisasi, soliditas dan sinergitas sebagai upaya merekatkan kemajemukan OKP yang ada di KNPI Sulsel. Saran dalam penelitian ini adalah Ketua umum KNPI Sulsel agar lebih menggalakkan lagi nilai-nilai kepemudaan dari segi Infrastruktur dan Suprastruktur Kepemudaaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Angkatan Muda Muhammadiyah, Infrastruktur, Suprastruktur, Kepemudaan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:07
Last Modified: 14 Apr 2022 05:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item
View Item