EFEK IMUNOSUPRESIF EKSTRAK KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L.) TERHADAP Drosophila melanogaster = IMMUNOSUPPRESSIVE EFFECT OF SECANG WOOD EXTRACT (Caesalpinia sappan L.) IN Drosophila melanogaster


Rumata, Nur Rahma (2022) EFEK IMUNOSUPRESIF EKSTRAK KAYU SECANG (Caesalpinia sappan L.) TERHADAP Drosophila melanogaster = IMMUNOSUPPRESSIVE EFFECT OF SECANG WOOD EXTRACT (Caesalpinia sappan L.) IN Drosophila melanogaster. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N012181015_tesis cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N012181015_tesis ba 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N012181015_tesis daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N012181015_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu tumbuhan obat yang memiliki aktivitas sebagai imunomodulator adalah batang kayu secang (Caesalpinia sappan L.). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas imunosupresif ekstrak etanol Caesalpinia sappan pada D. melanogaster. Dalam studi ini, dilakukan skrining fitokimia ekstrak dan uji in vivo pada level fenotip (berupa pengujian masa hidup, lokomotor dan reproduksi) dan genotip (berupa pengukuran level ekspresi gen totA, dpt dan drs) untuk menentukan aktivitas imunosupresif dan ekstrak C. sappan terhadap kondisi organisme model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol C. sappan mengandung alkaloid dan flavonoid serta ekstrak tersebut aman dikonsumsi oleh lalat Oregon-R dan mutan PGRP-LB. Dalam uji molekuler didapatkan hasil bahwa ekstrak C. sappan dapat menurunkan level ekspresi gen totA, dpt dan drs yang berhubungan dengan sistem imun. Pada pengujian masa hidup terlihat bahwa kematian lalat mutan PGRP-LB yang mengalami hiperaktivasi sistem imun berkurang dengan adanya ekstrak etanol C. sappan, mengindikasikan bahwa efek supresi sistem imun dapat menyelamatkan hidup organisme. Sebagai kesimpulan, ekstrak C. sappan dapat menurunkan aktivitas sistem imun organisme model lalat buah sehingga berpotensi besar untuk digunakan dalam pengobatan tradisional penyakit-penyakit terkait hiperaktivitas sistem imun seperti pada alergi dan autoimun.
Keywords : Caesalpinia sappan L., lalat buah, imunosupresan, totA, dpt, drs, survival, masa hidup

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:07
Last Modified: 14 Apr 2022 05:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item
View Item