FORCED DEGRADATION STUDY SENYAWA TIOPIPERIN DARI LADA HITAM (Piper nigrum L.) YANG DIDETEKSI MENGGUNAKAN ULTRA-FAST LIQUID CHROMATOGRAPHY (UFLC) = FORCED DEGRADATION STUDY OF THIOPIPERINE FROM BLACK PEPPER (Piper nigrum L.) DETECTED BY ULTRA-FAST LIQUID CHROMATOGRAPHY (UFLC)


Hikma, Nurul (2022) FORCED DEGRADATION STUDY SENYAWA TIOPIPERIN DARI LADA HITAM (Piper nigrum L.) YANG DIDETEKSI MENGGUNAKAN ULTRA-FAST LIQUID CHROMATOGRAPHY (UFLC) = FORCED DEGRADATION STUDY OF THIOPIPERINE FROM BLACK PEPPER (Piper nigrum L.) DETECTED BY ULTRA-FAST LIQUID CHROMATOGRAPHY (UFLC). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N012181004_tesis_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N012181004_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N012181004_tesis_dp.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N012181004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NURUL HIKMA. Forced Degradation Study Senyawa Tiopiperin dari Lada Hitam (Piper nigrum L.) yang Dideteksi Menggunakan Ultra-Fast Liquid Chromatography (UFLC) (dibimbing oleh Muhammad Aswad dan Risfah Yulianty)

Tiopiperin merupakan senyawa hasil modifikasi piperin (Piper nigrum L.) yang memiliki aktivitas sebagai antikanker. Kualitas suatu senyawa obat akan mengalami perubahan yang diakibatkan oleh berbagai faktor sehingga tiopiperin membutuhkan data stabilitas sebelum diformulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan stabilitas senyawa tiopiperin terhadap beberapa faktor seperti pengaruh asam, basa dan oksidasi serta suhu dan cahaya berdasarkan forced degradation study serta melakukan validasi metode UFLC untuk mendeteksi senyawa tiopiperin.

Penelitian ini dilakukan dengan melihat stabilitas senyawa tiopiperin terhadap pengaruh asam (HCl 0,1 N); basa (NaOH 0,1 N); peroksida (H2O2 3%); pada suhu ruang (±30oC) dan suhu (60oC) selama 7 hari; serta pengaruh cahaya selama 8 jam. Parameter validasi metode pada penelitian ini meliputi akurasi, presisi, linearitas serta LOD dan LOQ. Metode ini dideteksi menggunakan UFLC yang terintegrasi. Detektor yang digunakan adalah PDA dan kolom C-18 (Cosmosil®, 5 µm, 50 mm x 4,6 mm dengan fase gerak asetonitril:air (50:50, v/v); laju alir 1 mL/menit, serta panjang gelombang 340 nm.

Hasil penelitian menunjukkan senyawa tiopiperin mengalami degradasi yang ekstensif oleh pengaruh asam, basa dan peroksida, sedangkan senyawa tiopiperin stabil terhadap suhu dan adanya paparan cahaya. Metode analisis untuk mendeteksi senyawa tiopiperin telah tervalidasi menggunakan UFLC. Hasil uji akurasi, presisi dan linearitas telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dengan LOD (0,105 µg/mL) dan LOQ (0,349 µg/mL). Dengan demikian, UFLC dengan kondisi tersebut diatas dapat diaplikasikan dalam menentukan kestabilan senyawa tiopiperin.
Kata kunci : Tiopiperin, Forced degradation study, UFLC

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:02
Last Modified: 14 Apr 2022 05:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item
View Item