Pengaruh Konsentrasi Asam Oleat Terhadap Karakteristik Fisik, Kemampuan Penetrasi dan Retensi Mikropartikel Doksisiklin Dalam Sediaan Gel = The Influence of Oleic Acid Concentration On Physical Characteristics, Penetration and Retention Abilities of Doxycycline Microparticles In Gel


Oktaviani, Windy Winalda (2022) Pengaruh Konsentrasi Asam Oleat Terhadap Karakteristik Fisik, Kemampuan Penetrasi dan Retensi Mikropartikel Doksisiklin Dalam Sediaan Gel = The Influence of Oleic Acid Concentration On Physical Characteristics, Penetration and Retention Abilities of Doxycycline Microparticles In Gel. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N011171512_skripsi_cover1.jpg

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N011171512_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N011171512_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N011171512_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

WINDY WINALDA OKTAVIANI. Pengaruh Konsentrasi Asam Oleat Terhadap Karakteristik Fisik, Kemampuan Penetrasi dan Retensi Mikropartikel Doksisiklin Dalam Sediaan Gel (dibimbing oleh Andi Dian Permana dan Aliyah).

Gel merupakan salah satu sediaan topikal yang dapat digunakan dalam infeksi kulit akibat bakteri. Doksisiklin hiklat (DOX) merupakan salah satu antibiotik yang efektif terhadap bakteri penyebab infeksi kulit. Salah satu kekurangan sediaan gel yaitu memiliki kemampuan penetrasi obat yang buruk ke dalam lapisan kulit, sehingga diperlukan suatu senyawa peningkat penetrasi asam oleat (AO) untuk meningkatkan kemampuan obat dalam menembus kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi AO terhadap karakteristik fisik, kemampuan daya penetrasi, dan kemampuan retensi doksisiklin dalam sediaan gel, serta menentukan formula terbaik. Pada penelitian ini dibuat 5 formula gel dengan konsentrasi AO yang berbeda, yaitu F1 (0%), F2 (2,5%), F3 (5%), F4 (7,5%) dan F5 (10%). Terhadap sediaan gel dilakukan evaluasi meliputi uji organoleptis, homogenitas, pengukuran pH, viskositas, daya sebar, uji daya penetrasi dan retensi secara ex vivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi AO sebagai peningkat penetrasi mempengaruhi karakterisitik fisik, kemampuan daya penetrasi, serta kemampuan retensi sediaan gel. Hasil uji karakteristik fisik memperlihatkan sediaan gel berwarna putih kekuningan, berbau khas dan homogen, dengan pH yang memenuhi syarat pH kulit. Untuk viskositas memperlihatkan semakin tinggi konsentrasi AO, semakin meningkat viskositasnya, demikian pula dengan hasil uji penetrasi, sedangkan daya sebar gel berbanding terbalik dengan viskositas. Adapun hasil uji retensi menunjukkan F4 dengan konsentrasi AO 7,5% merupakan formula terbaik dibandingkan formula lainnya dengan nilai pH 5,73, viskositas 42.233,33 cPs, daya sebar 4,88 cm, serta profil pelepasan DOX yang paling baik dengan DOX yang terpenetrasi 304,66 µg dan terdeposisi 1236,46 µg.
Keywords : Asam oleat, Gel, Mikropartikel doksisiklin, Peningkat penetrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:48
Last Modified: 14 Apr 2022 04:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item
View Item