Komposisi jenis hasil tangkapan pada bagian tancap berdasarkan kombinasi warna lampu di perairan pangkep = Catch composition of fix-liftnet based-on the light color combination on pangkep waters


SARAGIH, PARAMITA (2022) Komposisi jenis hasil tangkapan pada bagian tancap berdasarkan kombinasi warna lampu di perairan pangkep = Catch composition of fix-liftnet based-on the light color combination on pangkep waters. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L051171313_skripsi cover1.jpg

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L051171313_skripsi bab 1-2.pdf

Download (880kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L051171313_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L051171313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Paramita Saragih. “Komposisi Jenis Hasil Tangkapan Pada Bagan Tancap Berdasarkan Kombinasi Warna Lampu di Perairan Pangkep”, dibawah bimbingan Muhammad Kurnia sebagai Pembimbing Utama dan Faisal Amir sebagai Pembimbing Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan komposisi jenis hasil tangkapan pada bagan tancap berdasarkan kombinasi warna lampu putih-kuning-biru dan putih-kuning dan mendekripsikan frekuensi frekuensi kemunculan jenis hasil tangkapan pada bagan tancap berdasarkan kombinasi warna lampu putih-kuning-biru dan putih-kuning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2020. Pengambilan data dilakukan menggunakan 1 unit bagan tancap dengan 2 kombinasi warna lampu yang berbeda. Untuk pengambilan data dilakukan dengan mengikuti operasi penangkapan masing-masing sebanyak 15 trip untuk kombinasi warna lampu putih-kuning-biru dan putih-kuning. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada satu unit bagan tancap dengan menggunakan kombinasi warna lampu Light Emmiting Diode (LED) yang berbeda yaitu putih-kuning-biru dan putih-kuning dengan masing-masing kekuatan cahaya 442 watt. Pengumpulan data meliputi jenis daan jumlah hasil tangkapan berdasarkan trip dan komposisi hasil tangkapan dikelompokkan berdasarkan tangkapan utama, tangkapan sampingan dan tangkapan buangan, sedangkan data sekunder berupa wawancara dan studi literatur. Jumlah total hasil tangkapan pada bagan tancap dengan menggunakan kombinasi warna lampu putih-kuning-biru dan putih-kuning selama peneltian berlangsung yaitu sebanyak 359,8 kg dan 343,8 kg. Jenis ikan dengan frekuensi kemunculan 100% baik pada kombinasi warna lampu putih-kuning-biru dan putih-kuning adalah peperek (Leiognathus equulus), kepiting (Portunus pelagicus), cumi-cumi (Loligo Sp), lemuru (Sardinela fimbriata) dan buntal licin (Lagocephalus sceleratus).
Kata kunci: Komposisi jenis, Frekuensi kemunculan, bagan tancap, LED

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:41
Last Modified: 12 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item
View Item