Perbandingan Hasil Tangkapan Purse Seine Berdasarkan Fase Bulan di Kabupaten Bulukumba = The Comparison of Purse Seine Catches Based on Moon Phase at Bulukumba District


Caronge, Siti Adinda Dihar Indahwati (2022) Perbandingan Hasil Tangkapan Purse Seine Berdasarkan Fase Bulan di Kabupaten Bulukumba = The Comparison of Purse Seine Catches Based on Moon Phase at Bulukumba District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L23116305_skripsi cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L23116305_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L23116305_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L23116305_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komposisi jenis hasil tangkapan, frekuensi hasil tangkapan, produksi hasil tangkapan berdasarkan periode bulan dan perbedaan hasil tangkapan berdasarkan periode bulan di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli hingga September 2020 di Perairan Bira, Kabupaten Bulukumba. Pengambilan data dilakukan dengan mengikuti operasi penangkapan menggunakan purse seine sebanyak 28 trip. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer merupakan berat hasil tangkapan berdasarkan jenis ikan dan dikelompokkan berdasarkan fase bulan, yaitu periode gelap, gelap ke terang, terang dan terang ke gelap. Data sekunder didapatkan melalui wawancara dan studi literatur. Analisis data menggukan persamaan proporsi ikan yang tertangkap, frekuensi kemunculan ikan, produktivitas hasil tangkapan dan Uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 8 jenis ikan yang tertangkap selama penelitian. Jenis ikan dengan komposisi dan frekuensi kemunculan tertinggi adalah Ikan Layang (Decapterus spp), Ikan Selar (Selaroides sp) dan Ikan Kembung (Rastrelliger sp). Produktivitas tertinggi terjadi pada hauling kedua periode gelap sebesar 0,64 kg/menit. Tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap jumlah hasil tangkapan berdasarkan periode bulan.
Keywords : Periode bulan, purse seine, perbedaan hasil tangkapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:29
Last Modified: 12 Apr 2022 05:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item
View Item