Konsentrasi Mikroplastik pada Biofouling Kerang Hijau (Perna viridis) yang Hidup di Perairan Maccini Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan = Concentration of Microplastics in Biofouling Green Mussel (Perna viridis) From Maccini BajI Waters Labakang District, Pangkajene Island Regency


Linggi, Gita Natalia Taruk (2022) Konsentrasi Mikroplastik pada Biofouling Kerang Hijau (Perna viridis) yang Hidup di Perairan Maccini Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan = Concentration of Microplastics in Biofouling Green Mussel (Perna viridis) From Maccini BajI Waters Labakang District, Pangkajene Island Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L21115302_skripsi cover1.jpg

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L21115302_skripsi bab 1-2.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L21115302_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L21115302_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Masuknya mikroplastik di perairan akan berdampak buruk bagi ekosistem perairan terutama organisme yang bersifat filter feeder yang cara makannya memasukkan apa saja yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bentuk, ukuran, dan warna mikroplastik dan konsentrasi mikroplastik yang terdapat di biofouling yang menempel pada kerang hijau (Perna viridis) serta pengaruh keberadaan biofouling terhadap mikroplastik pada kerang hijau sebagai substratnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive random sampling. Penentuan jumlah sampel yang akan digunakan menggunakan rumus lemeshow untuk populasi yang tidak diketahui, sehingga diperoleh kerang hijau ber-biofouling sebanyak 99 ekor kemudian sampel dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan media penyerap mikroplastiknya yaitu kerang ber-biofouling dengan mikroplastik terdapat pada biofouling, kerang ber-berbiofouling dengan mikroplastik terdapat pada daging kerang, dan kerang tanpa biofouling yang terdapat mikroplastik. Pengamatan partikel mikroplastik dilakukan dengan menggunakan mikroskop stereo dan bantuan Software Image J. Jumlah yang terpapar mikroplastik Mikroplastik pada kelompok kerang ber-biofouling dengan mikroplastik terdapat pada biofouling sebanyak 46 sampel, kelompok kerang ber-berbiofouling sebanyak 7 sampel, dan kelompok kerang tanpa biofouling yang terdapat mikroplastik sebanyak 11 sampel. Mikroplastik yang sudah terserap ke biofouling pada kerang ber-biofouling tidak masuk ke daging kerang. Begitu juga sebaliknya, mikroplastik yang terserap ke daging kerang tidak terserap ke biofouling menunjukkan bahwa keberadaan biofouling dapat mempengaruhi frekuensi kehadiran mikroplastik pada kerang hijau sebagai inangnya.Ukuran mikroplastik yang ditemukan berkisar antara 0.1-4.9 mm. Bentuk mikropastik yang ditemukan yaitu fiber dan fragmen. Warna mikroplastik yang ditemukan yaitu merah, biru, putih, dan hitam. Nilai rata-rata konsentrasi mikroplastik berdasarkan media penyerap sebesar 3,1576 item/g, 0,7428 item/g, dan 1,0317 item/g.
Keywords : Biofouling, Perna viridis, Mikroplastik, Perairan Maccini Baji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:58
Last Modified: 12 Apr 2022 01:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item
View Item