ANALISIS ANGGARAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENGOPTIMALKAN LABA PADA PT. PERKASA ANEKATAMA KARYA MAKASSAR


BAHARUDDIN, SYAHRIL (2012) ANALISIS ANGGARAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENGOPTIMALKAN LABA PADA PT. PERKASA ANEKATAMA KARYA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
--syahrilbah-4160-1-12-syahr-1.pdf

Download (439kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menganalisis
penggunaan anggaran yang ditetapkan oleh perusahaan dalam
mengoptimalkan laba dan untuk menganalisis profitabilitas yang dicapai
oleh PT. Perkasa Anekatama Karya.
Jenis Penelitian ini adalah metode Penelitian kualitatif, deskriptif.
Dengan menggunakan analisis data sekunder untuk mengetahui model
analisis Trend dalam prosentase untuk mengetahui kecenderungan atau
tendensi posisi dan kemajuan keuangan; model Analisis Selisih untuk
membandingkan antara realisasi dan anggaran pada suatu periode
tertentu; Model Analisis perbandingan Laporan Keuangan untuk
mengetahui perubahan yang terjadi pada pos-pos dalam laporan rugi/laba
dari tahun ke tahun; Model analisis profitabilitas untuk mengukur
kemampuan perusahaan menghasilkan laba selama periode tertentu, dan
tingkat efektifitas manajemen dalam operasional perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan
Penggunaan Anggaran biaya operasi pada PT. Perkasa Anekatama Karya
secara keseluruhan masih kurang efektif sebagai alat bantu manajemen
dalam mengoptimalkan laba perusahaan, terlihat dengan banyaknya
selisih yang tidak menguntungkan (unfavorable variance) yang terjadi
antara anggaran biaya operasi dan realisasi biaya operasi perusahaan.
Artinya anggaran yang ditetapkan kurang efektif pada kenyataannya
realisasi melebihi anggaran tersebut. Profitabilitas pada PT. Perkasa
Anekatama Karya dengan melihat indikator ROA, NPM, GPM, ROE dan
GITA dalam kurun waktu tahun 2008 – 2012 mengalami pertumbuhan
rasio yang fluktuatif. Dimana indikator ROA pada tahun 2008 – 2009
terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 7,76% – 55,48%. Sedangkan
tahun 2008 hingga 2012 mengalami penurunan yaitu 55,48%, 8,82%,
8,58%, dan 8,43%. Kemudian indikator NPM pada tahun 2008 – 2009
terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 14,11% - 50,60%, sedangkan
pada tahun 2007 hingga 2010 mengalami penurunan yaitu 50,60%,
34,92%, 32,57% dan 30,54%. Indikator GPM pada tahun 2006 – 2007
terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 15,75% - 47,99%. Sedangkan
tahun 2007 hingga 2010 terjadi penurunan yaitu 47,99%, 34,28%,
31,15%, dan 30,32%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:58
Last Modified: 14 Apr 2022 03:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15434

Actions (login required)

View Item
View Item