PENGARUH SERVICE EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSI FAISAL MAKASSAR


HUSAIN, FARADILLAH FARID (2020) PENGARUH SERVICE EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RSI FAISAL MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Sampul]
Preview
Image (Sampul)
P1806216027_tesis_16-11-2020 cover.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P1806216027_tesis_16-11-2020 dapus-lampiran.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of bab 1 -  2] Text (bab 1 - 2)
P1806216027_tesis_16-11-2020 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P1806216027_tesis_16-11-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kepuasan pelanggan dalam hal ini merupakan hal yang mutlak untuk dapat diraih agar dapat bertahan dalam persaingan industri perumahsakitan yang cenderung terus tumbuh melebihi kebutuhan yang ada sehingga menuntut rumah sakit untuk mampu menciptakan kualitas pelayanan yang bermutu secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Service Experience Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Inap RSI Faisal Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah paisen di Instalasi Rawat Inap, RSI Faisal Makassar yang berjumlah 176 responden. Hasil penelitian menunjukkan Service Experience termasuk dimensinya yaitu Functional clues, Mechanic clues, Humanic clues, Hedonic dan Product Experience berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSI Fasial Makassar, Hedonic merupakan dimensi dalam Variabel Service experience yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSI Fasial Makassar. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit agar perlu meningkatkan keramahan dan perhatian perawat kepada pasien maupun keluarga pasien, ketepatan dan kepastian waktu visite setiap hari termasuk hari libur. penyediaan fasilitas atau sarana yang dapat menunjang keamanan dan kenyamana pasien serta pemberian pelayanan yang merata bagi semua pasien dan semua kelas perawatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 21 Dec 2020 00:47
Last Modified: 21 Dec 2020 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item
View Item