Strategi Pengembangan Agroindustri Gula pada PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Pabrik Gula Takalar = Development Strategy of Sugar Agroindustry at PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Takalar Sugar Factory


Taslim, Andi Irga Satrawati (2022) Strategi Pengembangan Agroindustri Gula pada PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Pabrik Gula Takalar = Development Strategy of Sugar Agroindustry at PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Takalar Sugar Factory. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042182004_tesis cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042182004_tesis bab 1-2.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042182004_tesis daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P042182004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh PTPN XIV Pabrik Gula Takalar serta merumuskan strategi prioritas yang tepat bagi PTPN XIV Pabrik Gula Takalar untuk mengembangkan agroindustri gula.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan Analisis Hierarchy Process.
Hasil analisis SWOT menunjukkan terdapat 11 strategi alternatif dalam pengembangan agroindustri gula pada PTPN XIV Pabrik GulaTakalar, yaitu :
1) Optimalisasi pemanfaatan lahan dan kapasitas pabrik. 2) Pemanfaatan teknologi budidaya tanaman. 3) Pemanfaatan infrastruktur pemasaran.
4) Mengupayakan perbaikan atau pembaharuan mesin pabrik dengan memanfaatkan dukungan pemerintah. 5) Melakukan irigasi sederhana pada lahan kering. 6) Memanfaatkan potensi lahan, kapasitas pabrik dan pengembangan teknologi budidaya tanaman untuk meningkatkan mutu dan hasil produksi gula. 7) Mengembangkan teknologi budidaya tanaman.
8) Memaksimalkan luas lahan dengan pemanfaatan pengembangan teknologi budidaya tanaman dalam mengatasi sementara sengketa lahan.
9) Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana alat muat angkut tebu yang efisien gula. 10) Meningkatkan kualitas SDM dan tenaga kerja tebangan dengan pemberian pelatihan dan intensif. 11) Pengkoordinasian antara pihak berwenang dengan pihak pabrik dalam mengatasi sengketa lahan. Hasil Analisa AHP menunjukkan bahwa faktor internal perusahaan yang menjadi kekuatan (S) utama adalah faktor potensi luas area tanam tebu (0.389). Faktor yang menjadi kelemahan (W) utama adalah mesin pabrik yang sudah tua (0.493). Faktor eksternal yang menjadi peluang (O) utama adalah peningkatan permintaan gula (0.443). Faktor yang menjadi ancaman (T) utama bagi adalah sengketa lahan (0.391) dan Prioritas utama dari alternatif strategi yaitu memanfaatkan potensi lahan dan kapasitas pabrik serta pengembangan teknologi budidaya tanaman untuk meningkatkan mutu dan hasil produksi gula (0.122).
Keywords : Agroindustri, Gula, Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:31
Last Modified: 12 Apr 2022 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15413

Actions (login required)

View Item
View Item