KEMITRAAN PETANI TEBU RAKYAT MANDIRI PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) XIV PABRIK GULA TAKALAR = THE PARTNERSHIP OF INDEPENDENT SUGARCANE FARMERS OF PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) XIV TAKALAR SUGAR FACTORY


Lestari, St. Rahayu Arini (2022) KEMITRAAN PETANI TEBU RAKYAT MANDIRI PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) XIV PABRIK GULA TAKALAR = THE PARTNERSHIP OF INDEPENDENT SUGARCANE FARMERS OF PT. PERKEBUNAN NUSANTARA (PTPN) XIV TAKALAR SUGAR FACTORY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042182001_tesis daftar pustaka1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042182001_tesis bab 1-2.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042182001_tesis daftar pustaka.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P042182001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi petani untuk mengikuti kemitraan di PG Takalar dan mengetahui tingkat kepuasan petani mitra terhadap bentuk kemitraan pada PTPN XIV PG Takalar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi selama penelitian. Data diolah menggunakan pengolahan data secara kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif statistik yaitu untuk mengetahui besar pengaruh ketiga faktor terhadap motivasi petani untuk bermitra serta metode IPA dan CSI untuk melihat tingkat kepuasan petani mitra terhadap jalannya kerjasama dengan PTPN XIV PG Takalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi Petani TRM untuk bermitra dengan PG Takalar didominasi oleh kebutuhan berkembang (growth needs). Petani responden merasa dengan bermitra dengan PG Takalar akan menambah pengetahuan mengenai teknik budidaya, hama dan penyakit, serta mutu produk. Selain itu, pembinaan dan bimbingan membuat petani dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih tangguh dan mandiri sehingga mereka semakin terampil dalam budidaya tebu. Petani TRM merasa sangat puas terhadap pelaksanaan kemitraan yang dijalankan dengan PG Takalar. Adapun aspek kemitraan yang berkontribusi besar terhadap kepuasan petani adalah adanya bimbingan teknis oleh penyuluh dari PG karena dengan adanya aktivitas pendampingan yang baik sehingga terjadi peningkatan hasil budidaya, ketepatan jadwal tanam dan panen, serta adanya fasilitas tebang-angkut-giling yang disediakan oleh PG.
Keywords : Kemitraan, Kepuasan, Motivasi, Tebu

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:30
Last Modified: 12 Apr 2022 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item
View Item