PENGARUH BIAYA BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEUNTUNGAN USAHA KECIL MENENGAH AGRIBISNIS DI KABUPATEN MAROS = The Effect Of Promotion Mix Costs On Sales Volume And Its Impact On The Benefits Of Agribusiness Medium Enterprises In Maros District


Rijal, Ahmad (2022) PENGARUH BIAYA BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEUNTUNGAN USAHA KECIL MENENGAH AGRIBISNIS DI KABUPATEN MAROS = The Effect Of Promotion Mix Costs On Sales Volume And Its Impact On The Benefits Of Agribusiness Medium Enterprises In Maros District. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042172004_tesis_cover1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042172004_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042172004_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P042172004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan pada Usaha Kecil Menengah sektor agribisnis di kabupaten Maros dengan mengambil data biaya bauran promosi,volume penjualan dan keuntungan dari tahun 2017-2019. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial biaya periklanan, biaya promosi, biaya personal selling terhadap volume penjualan dalam peningkatan keuntungan pada UKM agribisnis di kabupaten Maros. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan antara variable bebas dengan variabel terikat melalui variabel intervening. Sampel dalam penelitian diperoleh 21 UKM dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya periklanan (X1) dan biaya personal selling (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan dan promosi penjulan (X2) tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, dan volume penjualan (Y1) berpengaruh terhadap keuntungan (Y2). Sementara biaya periklanan (X1) dan biaya personal selling (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan dalam peningkatan keuntungan dengan nilai hasil perhitungan uji Sobel nilai Z1 yang diperoleh sebesar 2,0337 dan Z3 sebesar 2,168 > 1,669 dan biaya promosi penjulan (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan dalam peningkatan keuntungan pada UKM agribisnis di kabupaten Maros nilai hasil perhitungan uji Sobel nilai Z2 yang diperoleh sebesar -0,4967 < 1,669 (ttabel N=63, Prob 5%).
Kata kunci: biaya periklanan, biaya promosi, biaya personal selling, volume penjualan dan keuntungan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:28
Last Modified: 12 Apr 2022 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item
View Item