KONTESTASI PENGETAHUAN DAN KONTRIBUSI PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG WINDU BERKELANJUTAN (Studi Kasus Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang) = KNOWLEDGE CONTESTATION AND MULTI STAKEHOLDERS CONTRIBUTION IN THE DEVELOPMENT OF SUSTAINABLE BLACK TIGER PRAWN AQUACULTURE (Case Study Lanrisang Sub-District Pinrang Regency)


Fajri, Rahmat (2022) KONTESTASI PENGETAHUAN DAN KONTRIBUSI PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG WINDU BERKELANJUTAN (Studi Kasus Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang) = KNOWLEDGE CONTESTATION AND MULTI STAKEHOLDERS CONTRIBUTION IN THE DEVELOPMENT OF SUSTAINABLE BLACK TIGER PRAWN AQUACULTURE (Case Study Lanrisang Sub-District Pinrang Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P032171306_tesis_Cover1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P032171306_tesis_Bab 1-2.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P032171306_tesis_Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P032171306_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh dan kepentingan para pihak, kontribusinya, serta bentuk kontestasi sebagai entitas pengetahuan pemangku kepentingan dalam pengembangan budidaya udang windu.
Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang selama Januari - Maret 2020. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, kajian dokumen, dan observasi. Penganalisisan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) para pemangku kepentingan melakukan proses kolaboratif melalui penghantaran resources (R), organization (O), dan norms (N) kepada petani di kawasan tersebut; (2) para pihak memiliki kepentingan yang beragam, diantaranya kepentingan ekonomi, kepentingan ekologi, kepentingan akademis, dan kepentingan profesional; dan (3) pengetahuan baru yang masuk dalam kehidupan petani tambak berinteraksi dengan pengetahuan lokal yang selama ini telah dimiliki sehingga menghasilkan bentuk koeksistensi, zero sum game, dan hibridasi
Keywords : budidaya udang windu berkelanjutan, pemangku kepentingan, kontestasi pengetahuan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:22
Last Modified: 12 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15403

Actions (login required)

View Item
View Item