Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Android Terhadap Kemandirian Dalam Perawatan Neonatus Pada Ibu Nifas Primipara = The Influence of Android-Based Health Education on Independence in Neonatal Care for Primipara Postpartum Mothers


Sari, Dwi Kartika (2022) Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Android Terhadap Kemandirian Dalam Perawatan Neonatus Pada Ibu Nifas Primipara = The Influence of Android-Based Health Education on Independence in Neonatal Care for Primipara Postpartum Mothers. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102182033_tesis_cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102182033_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102182033_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102182033_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

DWI KARTIKA SARI. Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Android Terhadap Kemandirian Dalam Perawatan Neonatus Pada Ibu Nifas Primipara (dibimbing oleh Werna Nontji dan Syafruddin Syarif).
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh edukasi kesehatan berbasis android terhadap kemandirian dalam perawatan neonatus pada ibu nifas primipara.
Desain penelitian adalah quasy exsperiment dengan rancangan pretest-posttest with control group design dengan jumlah sampel masing-masing sebanyak 19 ibu hamil primigravida TM III (UK ≥ 38 minggu) pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di Puskesmas Kelayan Timur dan Klinik PBM Ny. NM Kelayan Timur Kota Banjarmasin pada bulan September – Oktober 2020. Data dikumpulkan melalui nilai pretest dan posttest dengan soal pengetahuan digital dan nilai keterampilan, kemandirian dengan lembar observasi digital. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Test dan Mann-Whitney Test.
Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan berbasis android pada kelompok intervensi dengan nilai p=0.000. Hasil penelitian menggunakan uji Mann-Whitney Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan tentang perawatan neonatus pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.004, terdapat perbedaan keterampilan dalam perawatan neonatus pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0.012 untuk keterampilan memandikan bayi, p=0.016 untuk keterampilan merawat tali pusat dan p=0.009 untuk keterampilan menyusui yang benar, dan terdapat perbedaan kemandirian dalam perawatan neonatus pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hal ini berarti terdapat pengaruh edukasi kesehatan berbasis android terhadap kemandirian perawatan neonatus dengan nilai p=0.001 untuk kemandirian dalam memandikan bayi, p=0.006 untuk kemandirian merawat tali pusat dan p=0.017 untuk kemandirian menyusui yang benar.
Keywords : Edukasi Kesehatan Berbasis Android, Pengetahuan, Keterampilan, Kemandirian, Perawatan Neonatus/Bayi Baru Lahir, Ibu Nifas Primipara

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:47
Last Modified: 08 Apr 2022 06:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item
View Item