Anomali Pemasaran Jagung di Sulawesi Selatan = Maize marketing anomaly In south sulawesi


Saiful, Nurman Ali (2022) Anomali Pemasaran Jagung di Sulawesi Selatan = Maize marketing anomaly In south sulawesi. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0100316301_disertasi_cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0100316301_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0100316301_disertasi_daftar pustaka.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0100316301_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NURMAN ALI SAIFUL. Anomali Pemasaran Jagung di Sulawesi Selatan (dibimbing oleh Ahmad Ramadhan Siregar, Didi Rukmana, dan Jusni).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) indikator terjadinya anomali pemasaran jagung dan (2) faktor yang mempengaruhi anomali pemasaran jagung secara langsung dan tidak langsung di Sulawesi Selatan.
Rancangan penelitian terdiri dari dua fase yakni fase kualitatif dan fase kuantitatif. Fase penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan indikator terjadinya anomali. Selanjutnya, pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui diskusi kelompok terarah (FGD) pada 3 kelompok yakni Kabupaten Bantaeng (kelompok 1) sebanyak 9 petani, Kabupaten Jeneponto (kelompok 2) sebanyak 10 petani, dan Kabupaten Gowa (kelompok 3) sebanyak 9 petani. Selain itu, wawancara mendalam juga dilakukan pada 5 informan yang terdiri dari akademisi, swasta, dan pemerintah yang diwakili oleh dinas pertanian kabupaten. Selanjutnya fase kuantitatif digunakan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi anomali pemasaran jagung melalui survei pada 90 responden petani jagung. Data kualitatif dianalisis melalui tematik analisis dan data kuantitatif menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan indikator terjadinya anomali pemasaran jagung pada market structure, market conduct, dan market performance. Hasil analisis jalur menunjukkan variabel yang berpengaruh langsung dan signifikan terhadap anomali pemasaran jagung meliputi ketidakstabilan harga, penyimpangan saluran distribusi, dan ketidakpercayaan petani. Sementara itu penyimpangan saluran distribusi juga mempengaruhi secara langsung variabel ketidakpercayaan petani yang menunjukkan nilai positif. Ketimpangan pendapatan petani berpengaruh tidak signifikan terhadap anomali pemasaran. Hasil analisis juga menunjukkan penyimpangan saluran distribusi merupakan faktor yang paling mempengaruhi anomali pemasaran jagung di Sulawesi Selatan.
Keywords : anomali, pemasaran, jagung

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:32
Last Modified: 08 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item
View Item