ANALISIS PERAN POKMASWAS DALAM PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN DI KABUPATEN MAROS (Studi Kasu Pokemaswa Sipakatau Desa Pajjukukang)


Andi Adri Arief, - and Hamzah, - and Akzam Amir, - (2013) ANALISIS PERAN POKMASWAS DALAM PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN DI KABUPATEN MAROS (Studi Kasu Pokemaswa Sipakatau Desa Pajjukukang). Seminar Nasional Sosek Perikanan.

[thumbnail of BUKU PANDUAN SEMINAR SOSEK PERIKANAN_2013.pdf] Text
BUKU PANDUAN SEMINAR SOSEK PERIKANAN_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembentukan Pokmaswas Sipakatau dalam pengawasan sumber daya perikanan di Desa Pajukukang, dukungan kebijakan pemerintah terhadap Pokmaswas Sipakatau dalam pengawasan sumber daya perikanan, serta mengetahui pengetahuan dan keterampilan Pokmaswas Sipakatau dalam pengawasan sumber daya perikanan di Desa Pajukukang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dimana berusaha mempelajari keadaan sekarang yang berangkat dari latar belakang keadaan tersebut. Metode pengumpulan data digunakan dalam dua cara, yakni wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa kondisi Pokmaswas di Kabupaten Maros, khususnya Desa Pajjukukang, yakni : (1) Pembentukan kelompok masyarakat pengawas (POKMASWAS) belum sepenuhnya mampu memberdayakan masyarakat dalam pengawasan sumber daya perikanan di Kabupaten Maros Desa Pajjukukang, (2) Dukungan kebijakan khususnya aturan dalam pelaksanaan Pokmaswas belum terkongritkan dengan baik dalam pengawasan sumber daya perikanan di Kabupaten Maros Desa Pajjukukang, (3) Kapasitas pengetahuan dan keterampilan anggota Pokmaswas masih kurang dalam pengawasan sumber daya perikanan di Kabupaten Maros Desa Pajukukang.

Item Type: Article
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:20
Last Modified: 08 Apr 2022 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15363

Actions (login required)

View Item
View Item