FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESEHATAN MENTAL EMOSIONAL PADA LANSIA : LITERATURE REVIEW


Rubiyanto, Achmad (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESEHATAN MENTAL EMOSIONAL PADA LANSIA : LITERATURE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181727_skripsi_cover1.jpg

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181727_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181727_skripsi_dp.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181727_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Achmad Rubiyanto, R011181727. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESEHATAN MENTAL EMOSIONAL PADA LANSIA : LITERATURE REVIEW, dibimbing oleh Andi Masyitha Irwan dan Silvia Malasari.
Latar Belakang : Seiring dengan bertambahnya usia, berbagai permasalahan dapat terjadi akibat proses penuaan, antara lain timbulnya masalah fisik, sosial dan mental. Lanjut usia memiliki resiko mengalami gangguan mental yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Masalah kesehatan mental yang umumnya terjadi pada lanjut usia adalah depresi, perasaan kesepian, stress, kecemasan, maupun ketakutan menghadapi kematian. Perlu dilakukan persiapan melalui upaya promotif dan preventif dengan mengetahui berbagai faktor yang memengaruhi kesehatan mental emosional pada lansia guna meminimalisir kondisi yang lebih buruk.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan mental emosional pada lansia.
Metode : Rancangan yang digunakan untuk studi ilmiah ini adalah Literature Review, dengan cara mengumpulkan data atau sumber yang berhubungan pada sebuah topik tertentu yang didapat dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, internet dan pustaka lain.
Hasil : Total artikel yang di review berjumlah 22 artikel. Faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan mental emosional pada lansia antara lain faktor intervensi, konsep diri, kualitas hidup, layanan lansia (Sarana), dukungan sosial, komunikasi dan sosio-demografi.
Kesimpulan dan Saran : Terdapat 7 faktor yang memengaruhi kesehatan mental emosional pada lansia. Faktor yang paling sering memengaruhi kesehatan mental emosional pada lansia adalah faktor intervensi seperti aktivitas fisik (yoga, bersepeda, olahraga lain) spiritual (seperti zikir dan meditasi) serta nutrisi dan faktor sosio-demografi seperti jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan status pernikahan. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti terkait faktor lain yang mempengaruhi kesehatan mental emosional pada lansia yang belum ditemukan dalam studi literatur ini.
Kata Kunci : Faktor-faktor, memengaruhi, kesehatan mental, lansia
Sumber Refrensi : 1995-2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, memengaruhi, kesehatan mental, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:38
Last Modified: 07 Apr 2022 06:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15346

Actions (login required)

View Item
View Item