USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES PRODUKSI BETON TIANG PANCANG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (Studi Kasus pada PT. Wijaya Karya Beton Makassar)


Kasim, Abd. Fatir (2021) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES PRODUKSI BETON TIANG PANCANG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (Studi Kasus pada PT. Wijaya Karya Beton Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22114007_skripsi_cover1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D22114007_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D22114007_skripsi_dp.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D22114007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

PT. Wijaya Karya Beton merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam produk beton pracetak, salah satunya beton tiang pancang. Selama beberapa tahun, tercatat masih ditemukan produk yang tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan. Agar perusahaan dapat tetap bersaing dan memuaskan kebutuhan pelanggan, perlu dilakukan analisis kualitas produk beton tiang pancang agar dapat meningkatkan mutu produk serta meminimalisir jumlah produk cacat.
Salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan mutu dari suatu produk adalah metode Six Sigma untuk mengurangi cacat yang memiliki kemungkinan 3,4 kegagalan per satu juta kesempatan atau Defect Per Million Opportunities (DPMO). Selain menggunakan metode tersebut, akan digunakan pula metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) untuk memberikan usulan perbaikan.
Berdasarkan penggunaan metode Six Sigma, diperoleh persentase kecacatan tertinggi pada jenis cacat lebar sirip sebesar 21,1%; serta nilai sigma 5,87 dengan nilai kemungkinan cacat sebesar 6 buah per satu juta produksi. Dengan menggunakan metode FMEA, diberikan usulan perbaikan pada faktor manusia yaitu meningkatkan pengawasan dan pengecekan ulang terhadap kinerja karyawan, serta memberikan peringatan dan sanksi terhadap pekerja yang memiliki kinerja yang tidak maksimal; usulan perbaikan pada faktor mesin yaitu melakukan perawatan mesin secara rutin; dan usulan perbaikan pada faktor material yaitu meningkatkan pengawasan terhadap bahan baku yang diterima dari pemasok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, Failure Mode Effect Analysis, Pengendalian Kualitas, Beton Tiang Pancang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 08 Apr 2022 06:19
Last Modified: 08 Apr 2022 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item
View Item