DAYA TAHAN EKSTRAK KENIKIR YANG DITAMBAHKAN PEMANIS BUATAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREDATOR Coccinella sp. = THE DURABILITY OF KENIKIR EXTRACT ADDED WITH ARTIFICIAL SWEETENER AND THEIR EFFECT ON Coccinella sp.


Al-Atsaryah, Maryam (2022) DAYA TAHAN EKSTRAK KENIKIR YANG DITAMBAHKAN PEMANIS BUATAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREDATOR Coccinella sp. = THE DURABILITY OF KENIKIR EXTRACT ADDED WITH ARTIFICIAL SWEETENER AND THEIR EFFECT ON Coccinella sp. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171001_skripsi_cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171001_skripsi 1-2.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171001_skripsi DP.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract (Abstrak)

Predator Coccinella sp. memperoleh pakan tambahan dari nektar bunga yang ada di sekitarnya dan juga dari aplikasi pakan buatan. Tanaman tersebut tidak tahan dengan air sehingga perlu diekstrak, namun tidak menghilangkan kandungan nektarnya. Berbagai zat pemanis alami dan buatan seperti gula pasir, gula aren, madu, gliserin, gula batu, sakarin, pada umumnya dipakai sebagai zat pemanis tambahan untuk makanan dan minuman sehingga digunakan juga sebagai bahan tambahan untuk daya tahan ekstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui daya tahan ekstrak kenikir yang ditambahkan pemanis buatan dan pengaruhnya terhadap predator Coccinella sp. Pelaksanaannya di laboratorium pengendalian hayati Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin dari bulan September sampai Desember 2020. Tahapan penelitian yaitu dengan pembuatan ekstrak bunga kenikir dan perlakuan penambahan pemanis sakarin, gula batu, gliserin dan sirup komersil. Pengamatan dilakukan terhadap perubahan warna dan pengendapan pada ekstrak serta respons Coccinella sp. terhadap ekstrak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pemanis gliserin dan sirup komersil yang paling stabil. Respons terbaik predator terhadap ekstrak yaitu rata-rata frekuensi kunjungan Coccinella sp. sebanyak 8,8 kali dan berada pada ekstrak yang ditambahkan sirup komersil selama 73,8 menit pada spons yang diletakkan di daun kedelai.
Kata Kunci: Daya tahan ekstrak, Coccinella sp., pemanis buatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:02
Last Modified: 07 Apr 2022 06:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15329

Actions (login required)

View Item
View Item