PENGENDALIAN PERSEDIAAN DETERMINISTIK DINAMIS PADA BAHAN BAKU BATA RINGAN AAC (AUTOCLAVED AERATED CONCRETE) MENGGUNAKAN WAGNER-WITHIN ALGORITHM DAN SILVER-MEAL ALGORITHM


Jayadi Hb, Muhammad (2021) PENGENDALIAN PERSEDIAAN DETERMINISTIK DINAMIS PADA BAHAN BAKU BATA RINGAN AAC (AUTOCLAVED AERATED CONCRETE) MENGGUNAKAN WAGNER-WITHIN ALGORITHM DAN SILVER-MEAL ALGORITHM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22114503_skripsi_cover1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D22114503_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D22114503_skripsi_dp.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D22114503_skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

PT Bumi Sarana Beton merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor industri material konstruksi sebagai produsen Bata Ringan AAC. Permasalahan yang dihadapi perusahaan belum menerapkan metode perhitungan ilmiah tertentu dalam pengendalian persediaan bahan baku Bata Ringan AAC. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan pengendalian persediaan deterministik dinamis dan menentukan metode pengendalian persediaan yang optimal pada bahan baku Bata Ringan AAC.
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka dilakukan perencanaan persediaan deterministik dinamis menggunakan metode Wagner-Within Algorithm dan Silver-Meal Algorithm. Langkah awal yang dilakukan ialah peramalan permintaan menggunakan Single Exponential Smoothing, kemudian menentukan safety stock dan reorder point, lot size optimal, dan menghitung total biaya persediaan.
Hasil dari penelitian ini adalah pengendalian persediaan deterministik dinamis dengan metode Wagner-Within Algorithm dan Silver-Meal Algorithm mampu mengehemat total biaya persediaan bahan baku Bata Ringan AAC masing-masing sebesar 4,38% dan 4,99% dari total biaya persediaan menggunakan metode Lot for Lot yang diterapkan oleh perusahaan. Silver-Meal Algorithm merupakan metode pengendalian persediaan paling optimal dengan total biaya persediaan sebesar Rp6.741.879.412,19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Persediaan, Bata Ringan AAC, Wagner-Within Algorithm, Silver-Meal Algorithm
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:58
Last Modified: 07 Apr 2022 05:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15327

Actions (login required)

View Item
View Item