PEMILIHAN DAN PERGESERAN KOSAKATA DARI RAGAM NGOKO KE KROMO DAN SEBALIKNYA DALAM KATA SAPAAN KERABAT BAHASA JAWA ISOLEK (ANALISIS SOSIOLINGUISTIK)


Trijanto, Sugeng (2022) PEMILIHAN DAN PERGESERAN KOSAKATA DARI RAGAM NGOKO KE KROMO DAN SEBALIKNYA DALAM KATA SAPAAN KERABAT BAHASA JAWA ISOLEK (ANALISIS SOSIOLINGUISTIK). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0300315006_disertasi_cover1.jpg

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0300315006_disertasi-bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0300315006_disertasi_daftar pustaka.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0300315006_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sugeng Trijanto. Pemilihan dan Pergeseran Kosakata dari Ragam Ngoko ke Kromo dan Sebaliknya dalam Kata Sapaan Kerabat Bahasa Jawa Isolek (Analisis Sosiolinguistik) (Dibimbing oleh Hamzah Macmoed, Martin L. Manda, dan Mustafa Makka

Penelitian ini bertujuan: menemukan variasi bentuk kata ganti orang pertama dan kedua termasuk kata sapaan kerabat dengan faktor sosialnya; menjelaskan pergeseran kosakata dari ragam ngoko ke kromo dan sebaliknya, dan dari bahasa Jawa (BJ) ke bahasa lainnya; dan menjelaskan pemertahanan bahasa, menemukan strategi kesantunan, dan menemukan kesalahan komunikasi pada masyarakat tutur.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, sebagaimana yang diterapkan pada penelitian sosiologi dan budaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi bentuk kata ganti orang termasuk kata sapaan kerabat dipengaruhi oleh status, keakraban, perasaan, dan kegiatan. Tujuan pergeseran bahasa sangat bertalian dengan perasaan dan kegiatan. Pemertahanan bahasa dipengaruhi oleh kehidupan tradisional seperti: lingkungan fisik, nilai sosial, dan keagamaan. Strategi kesantunan digunakan oleh penutur ke mitra tutur untuk menghindari kesalahan komunikasi. Kesalahan komunikasi ini dapat menyebabkan konflik antara individu, keluarga, dan kelompok penutur.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: pemilihan dan faktor sosial, pergeseran dan tujuan, pemertahanan, strategi kesantunan, nilai sosial, konflik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Linguistik
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:56
Last Modified: 07 Apr 2022 05:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item
View Item