APLIKASI FORMULASI EKSTRAK DAUN LEGUNDI (Vitex trifolia L.) DAN KASGOT LALAT TENTARA HITAM Hermetia illucens (Diptera: Stratiomydae) TERHADAP BEBERAPA HAMA PADA TANAMAN MELON = APPLICATION OF LEAF EXTRACT FORMULATIONS OF LEGUNDI (VITEX trifolia L.) AND FRASS OF BLACK SOLDIER FLY Hermetia illucens (Diptera: Stratiomyidae) AGAINST SEVERAL PESTS ON MELON PLANTS


Irawan, Rian (2022) APLIKASI FORMULASI EKSTRAK DAUN LEGUNDI (Vitex trifolia L.) DAN KASGOT LALAT TENTARA HITAM Hermetia illucens (Diptera: Stratiomydae) TERHADAP BEBERAPA HAMA PADA TANAMAN MELON = APPLICATION OF LEAF EXTRACT FORMULATIONS OF LEGUNDI (VITEX trifolia L.) AND FRASS OF BLACK SOLDIER FLY Hermetia illucens (Diptera: Stratiomyidae) AGAINST SEVERAL PESTS ON MELON PLANTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11116044_skripsi COVER1.png

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11116044_skripsi 1-2.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11116044_skripsi DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11116044_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Produksi buah melon dipengaruhi oleh OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yang dapat merusak tanaman dan kualitas buah hingga diatas kerugian ekonomi. Tujuan: Mengetahui efektivitas dari pengaplikasian ekstrak daun legundi (Vitex trifolia) dan kasgot lalat tentara hitam (Hermetia illucens) dalam mengendalikan OPT (hama) tanaman. Metode: Jenis penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan 3 ulangan diantaranya adalah penggunaan ekstrak legundi, kasgot lalat tentara hitam, kombinasi ekstrak legundi dan kasgot lalat tentara hitam, dan kontrol (tanpa perlakuan). Cara aplikasi formulai ekstrak daun legundi dengan cara disemprot menggunakan konsentrasi 5% dengan dosis 5ml/liter, kasgot dengan cara ditabur di area batang dan akar tanaman dengan dosis 200 gram/tanaman. Hasil: Ditemukan 3 jenis hama utama yang terdapat di areal tanaman yaitu: (1) Aulacophora similis, (2) Diaphania sp., dan (3) Zeugodacus cucurbitae. Populasi hama dan intensitas kerusakan pada perlakuan dengan menggunakan ekstrak legundi, kasgot, dan kombinasi ekstrak legundi dan kasgot lebih rendah dibandingkan dengan kontrol dan memperlihatkan perbedaan yang nyata. Populasi hama dan intensitas kerusakan yang terendah terdapat pada kombinasi ekstrak legundi dan kasgot, ekstrak legundi, dan kasgot. Kesimpulan: Formulasi esktrak daun legundi dan kasgot lalat tentara hitam pada tanaman melon mampu mengurangi populasi dan intensitas serangan hama lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol.
Keywords : Kasgot lalat tentara hitam, Formulasi ekstrak daun legundi, Aulacophora similis, Diaphania sp., Zeugodacus cucurbitae.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:53
Last Modified: 07 Apr 2022 05:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item
View Item