PENGARUH MEDIA EDUKASI PERSIAPAN PERSALINAN ‘’MATTAMPU’’ TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL = THE INFLUENCE OF "MATTAMPU" EDUCATIONAL MEDIA OF CHILDBIRTH PREPARATION TO PREGNANT WOMEN'S KNOWLEDGE


Triastin, Suci Aulia (2022) PENGARUH MEDIA EDUKASI PERSIAPAN PERSALINAN ‘’MATTAMPU’’ TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL = THE INFLUENCE OF "MATTAMPU" EDUCATIONAL MEDIA OF CHILDBIRTH PREPARATION TO PREGNANT WOMEN'S KNOWLEDGE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191015_tesis_cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191015_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102191015_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191015_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

SUCI AULIA TRIASTIN. Pengaruh Media Edukasi Persiapan Persalinan „‟Mattampu‟‟ Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil (Dibimbing oleh Syafruddin Syarif dan Mardiana Ahmad).
Persiapan persalinan adalah pelayanan melalui edukasi antenatal untuk memberdayakan calon orang tua untuk meningkatkan kesiapan menghadapi persalinan. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh aplikasi media yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group (two group pretest dan posttest). Pengambilan sampel Purposive dan diperoleh 54 ibu hamil yang dibagi dua kelompok yaitu intervensi dan kontrol. Pada kelompok intervensi, efektivitas aplikasi diukur sebelum dan setelah diberikan aplikasi dengan selang waktu dua minggu, sedangkan pada kelompok kontrol diberi intervensi konvensional sesuai dengan pelayanan antenatal yang didapatkan dari fasilitas kesehatan. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik Wilcoxon dan Mann Whitney. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja puskesmas Madello Kabupaten Barru Sulawesi Selatan pada Desember 2020 – Maret 2021.
Hasil uji coba aplikasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dengan nilai rata-rata pretest 43% meningkat menjadi 89% setelah diberikan aplikasi dengan hasil p-value 0,000 < 0,05. Pada kelompok kontrol nilai rata-rata pretest 43% dan tidak mengalami peningkatan pengetahuan dengan hasil p-value 0,393 > 0,05.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aplikasi media edukasi persiapan persalinan berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang persiapan persalinan.
Kata Kunci: Aplikasi Mattampu, Persiapan Persalinan, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:49
Last Modified: 07 Apr 2022 05:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item
View Item