MENINGKATKAN PERAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL E-LEARNING DI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR


Aismaria A.m, Besse (2022) MENINGKATKAN PERAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL E-LEARNING DI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191032_tesis_cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191032_tesis_bab 1-2.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102191032_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191032_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
BESSE AISMARIA AM. Meningkatkan Peran Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Melalui Model E-Learning di D-III Kebidanan Universitas Megarezky Makassar. (di bimbing oleh Yusring Sanusi Baso & Sri Ramadany).

Dunia pendidikan di sekarang semakin mengalami perkembangan yang pesat dan signifikan. Perkembangan pendidikan dapat dilihat dari semakin beragamnya metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan banyak memanfaatkan berbagai media untuk meningkatkan kualitas hasil belajar yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi salah satunya metode e-learning.
Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan peran mahasiswa terhadap metode pembelajaran e-learning khususnya aplikasi indonesia kuliah online di jurusan kebidanan Universitas Mega Rezky Makassar tahun 2020.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain quasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa, berdasarkan uji statistik dengan menggunakan paired t test di dapatkan nilai p value = 0,000 < a = 0,05 yang berarti Ho ditolak Ha diterima atau secara statistik terdapat peningkatan peran mahasiswa terhadap metode pembelajaran e-learning.
Bagi mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan metode e-learning dalam proses pembelajaran dan diharapkan pula institusi pendidikan mulai menerapkan metode e-learning dalam proses pembelajaran, melihat kemajuan teknologi yang semakin pesat sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran tampa terkendala waktu dan jarak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peran mahasiswa, metode pembelajaran melalui model e-learning & Aplikasi Indonesia Kuliah Online
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:46
Last Modified: 07 Apr 2022 05:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15307

Actions (login required)

View Item
View Item