EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN IBU HAMIL TENTANG KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) = Nutrition Education with Android-Based Application Media to Increase Knowledge, Attitudes, and Behaviors of Pregnant Women about Chronic Energy Deficiency (KEK)


Lestari, Wa Ode Sri Wati (2022) EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN IBU HAMIL TENTANG KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) = Nutrition Education with Android-Based Application Media to Increase Knowledge, Attitudes, and Behaviors of Pregnant Women about Chronic Energy Deficiency (KEK). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191004_tesis_COVER1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191004_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102191004_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

WA ODE SRI WATI LESTARI. Edukasi Gizi dengan Media Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Ibu Hamil tentang Kekurangan Energi Kronik KEK (dibimbing oleh Syafruddin Syarif dan Healthy Hidayanty)
Latar belakang : Rendahnya pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu hamil mengenai gizi selama kehamilan berkontribusi terhadap terjadinya KEK (kekurangan Energi kronis). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, memvalidasi dan melihat efek Edukasi Gizi dengan Media Aplikasi Berbasis Android untuk meningkatkan pengetahuan gizi, sikap, dan tindakan ibu hamil tentang KEK.
Metode penelitian : Desain penelitian menggunakan metode research and develompment (R&D) dengan melibatkan ahli IT dan ahli Materi, dan pre eksperimen dengan rancangan one grup pre-post test dengan melibatkan 36 responden ibu hamil yang dipilih secara purposive sampling di wilayah kerja Pusekesmas Meo-Meo Kota Baubau. Data yang dianalisis dalam memvalidasi media aplikasi menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan untuk melihat efek dari aplikasi terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan data dianalisis menggunakan uji McNamer.
Hasil penelitian : Hasil analisis data tentang kelayakan aplikasi menujukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan dengan presentase nilai 95,83% menurut ahli IT dan 89% menurut ahli Materi. Sedangkan hasil analisis tentang pengaruh edukasi gizi dengan media aplikasi berbasis android menunjukan bahwa pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu hamil meningkat masing-masing sebesar 72%, 78%, dan 39%. Nilai p hasil uji McNemar untuk variabel pengetahuan, sikap, dan tindakan adalah <0.001 <α (0.05) atau (p<α). Dengan demikian Edukasi Gizi Dengan Media Aplikasi Berbasis Android dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindadkan ibu hamil tentang KEK di wilayah kerja Pusekesmas Meo – Meo Kota Baubau.
Saran : Diharapkan para ibu hamil meggunakan aplikasi Gizi Bumilku untuk membagikan ataupun menerima informasi dengan tujuan menambah wawasan terkait masalah kesehatan khususnya zat gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mencegah terjadi KEK.
Keywords : KEK, edukasi gizi, aplikasi berbasis android

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:44
Last Modified: 07 Apr 2022 05:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15306

Actions (login required)

View Item
View Item