Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Android Terhadap Kemandirian Dalam Pemenuhan Perawatan Nifas = The Effect of Android-Based Health Education on Independence in The Fulfilment of Postpartum Care in Primiparous Womens


Ulfa, Siti Maria (2022) Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Android Terhadap Kemandirian Dalam Pemenuhan Perawatan Nifas = The Effect of Android-Based Health Education on Independence in The Fulfilment of Postpartum Care in Primiparous Womens. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102182034_tesis_cover1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102182034_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102182034_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102182034_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

SITI MARIA ULFA. Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Android Terhadap Kemandirian Dalam Pemenuhan Perawatan Nifas Pada Ibu Primipara Universitas Hasanuddin Makassar (dibimbing oleh Dr. Werna Nontji, S.Kep.,M.Kep dan Prof. Dr.Ir. Syafruddin Syarif, MT).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan berbasis android terhadap peran ibu nifas primipara dalam pemenuhan perawatan nifas secara mandiri di wilayah kerja Puskesmas Kelayan Timur dan Klinik Praktik Bidan Mandiri Ny.NM kota Banjarmasin.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksprimen (penelitian semu) dengan desain Pre test-Post test with control group desain. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah ibu hamil TM III dengan usia Kehamilan ≥ 38 minggu) sebanyak 19 orang pada kelompok perlakuan dan sebanyak 19 orang pada kelompok kontrol, dengan kriteria inklusi peneliti, adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September - Oktober 2020. Data dikumpulkan melalui pretest dan post test dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi digital, data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan edukasi melalui aplikasi BUBI Care untuk kelompok perlakuan dengan nilai p-Value 0,000, sedangkan untuk kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan pengetahuan secara signifikan dengan nilai p-Value 0,071. Hasil observasi keterampilan dengan melakukan perawatan payudara didapatkan nilai p-Value 0,000, perawatan perineum nilai p-Value 0,002, dan senam nifas nilai p-Value 0,000. Adapun, hasil observasi tentang kemandirian dalam melakukan perawatan payudara didapatkan nilai p-Value 0,000, perawatan perineum nilai p-Value 0,000, dan senam nifas p-Value 0,000. Dengan demikian, terdapat pengaruh pemberian edukasi kesehatan berbasis android (BUBI Care) terhadap peran ibu nifas primipara dalam melakukan pemenuhan perawatan nifas secara mandiri.
Kata Kunci : Edukasi Kesehatan, Android, Ibu Nifas Primipara, Perawatan Nifas Secara Mandiri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:40
Last Modified: 07 Apr 2022 05:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15290

Actions (login required)

View Item
View Item