Pengaruh Emodul asuhan persalinan kala IV dengan blended learning dalam meningkatkan keterampilan belajar mahasiswa DIII Kebidanan = Effect of Emodule stage IV childbirth care with blended learning model on skills improvement of midwifery students


Ghita, Dwi (2022) Pengaruh Emodul asuhan persalinan kala IV dengan blended learning dalam meningkatkan keterampilan belajar mahasiswa DIII Kebidanan = Effect of Emodule stage IV childbirth care with blended learning model on skills improvement of midwifery students. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102182021_tesis_cover1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102182021_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102182021_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102182021_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

DWI GHITA, Media pembelajaran asuhan kebidanan persalinan tentang penatalaksanaan kala IV dengan blended learning dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa DIII Kebidanan ( dibimbing oleh Mardiana Ahmad, Prastawa Budi ).
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran mandiri tentang penatalaksanaan asuhan kebidanan persalinan kala IV pada mahasiswa DIII Kebidanan, Menganalisis prilaku dan keterampilan mahasiswa DII kebidanan tentang penatalaksanaan asuhan persalinan kala IV dengan menggunakan media pembelajaran magguru persalinan.
Metode pada penelitian ini menggunakan desain penelitian metode combined menthod yaitu Research and Development (R & D) dan Pre-eksperimen (one group pre-test dan post-tes design). Media pembelajaran dikembangkan dan divalidasi menggunakan R&D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengaruh pemberian media pembelajaran dan blended learning di analisis menggunakan Quasi Eksperimen (Pre–test post– test design). Populasi seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah asuhan persalinan dengan jumlah 90 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Sampel sebanyak 90 mahasiswa tingkat III (Tiga) di STIKES Nani Hasanuddin Makassar, sebelumnya dilakukan pre-test terhadap keterampilan asuhan persalinan kala IV kemudian dilakukan sosialisasi aplikasi magguru persalinan selanjutnya dilakukan metode demonstrasi selama 3 kali pertemuan dengan waktu 2x50 menit pada tiap pertemuan. Pada akhir pertemuan dilakukan post-test. Data dianalisis menggunakan Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan media pembelajaran didapati hasil keseluruhan variabel dalam kategori sangat layak untuk dgunakan sebagai media pembelajaran oleh mahasiswa DIII Kebidaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, nilai (p=0.000, p<0.05 meningkatkan keterampilan mahasiswa D-III Kebidanan tentang asuhan persalinan kala IV pada kelompok E-Modul dan metode demonstrasi dibandingkan kelompok E-Modul.
Kata kunci: Media pembelajaran, keterampilan, blended learning

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:35
Last Modified: 07 Apr 2022 05:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item
View Item