EKSPLORASI CENDAWAN ENDOFIT DARI PADI LOKAL SINJAI DAN POTENSINYA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) = Exploration of Endophytic fungal from local rice Sinjai and it's potential as booster growth of rice plants (Oryza sativa. L)


Yustisia, Dian (2022) EKSPLORASI CENDAWAN ENDOFIT DARI PADI LOKAL SINJAI DAN POTENSINYA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) = Exploration of Endophytic fungal from local rice Sinjai and it's potential as booster growth of rice plants (Oryza sativa. L). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0100316417_disertasi_cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0100316417_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0100316417_disertasi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0100316417_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Dian Yustisia (P0100316417). Eksplorasi Cendawan Endofit Asal Padi Lokal Sinjai dan Potensinya sebagai Pemacu PertumbuhanTanaman Padi (Oryza zativa L.). (Dibawah bimbingan : Kahar Mustari, Tutik Kuswinanti, Amir Yassi)
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk memperoleh isolat cendawan endofit pada varietas tanaman padi lokal Sinjai yang berpotensi sebagai Biostimulan karena kemampuannya dalam menghasilkan IAA, GA3 serta sebagai biofertilizer karena kemampuannya dalam melarutkan Phosfat (2) Mengidentifikasi isolat cendawan endofit secara morfologi dan biomolekuler (3)Untuk mengkaji kemampuan isolat cendawan endofit dalam memacu daya perkecambahan dan meningkatkan ketahanan terhadap stress air (4)Untuk mengkaji kemampuan isolat cendawan endofit dalam meningkat-kan pertumbuhan dan produksi tanaman padi lokal Sinjai
Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu : (1) mengisolasi dan cendawan endofit dari tanaman Padi lokal asal Kabupaten Sinjai yang berpotensi sebagai Biostimulan karena kemampuannya dalam menghasilkan IAA, GA3 serta sebagai biofertilizer karena kemampuannya dalam melarutkan Phosfat (2) mengidentifikasi Isolat cendawan endofit secara morfologi dan biomolekuler, (3) dilakukan analisis kemampuan cendawan endofit dalam memacu daya perkecambahan dan meningkatkan ketahanan terhadap stress air, (4) dilakukan analisis kemampuan dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi Tanaman Padi lokal Sinjai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) diperoleh isolat cendawan endofit pada varietas tanaman padi lokal Sinjai yang berpotensi sebagai Biostimulan karena kemampuannya dalam menghasilkan IAA, GA3 serta sebagai biofertilizer karena kemampuannya dalam melarutkan Phosfat (2) hasil identifikasi secara morfologi dan biomolekuler isolat cendawan endofit asal padi lokal Sinjai, yaitu Aspergillus niger dengan kode isolat (BMB19) dan Aspergillus oryzae dengan kode isolat (BMB09) (3) diperoleh isolat cendawan endofit asal padi lokal sinjai mampu meningkatkan daya perkecambahan dan ketahanan terhadap stres air pada Tanaman Padi Lokal Sinjai. (4) Aspergillus niger dan Aspergillus oryzae dapat meningkatkan produksi tanaman Padi lokal beras merah di kabupaten Sinjai
Kata kunci : Cendawan endofit, Padi Lokal Sinjai, Pemacu Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:21
Last Modified: 07 Apr 2022 05:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item
View Item