Kontestasi Pasar Modern dan Pasar Tradisional dalam Pemasaran Komoditi Sayuran (Olerikultura) = The Contestation of Modern and Traditional Markets in Vegetable Commodity Marketing (Olericulture)


Azisah, Azisah (2022) Kontestasi Pasar Modern dan Pasar Tradisional dalam Pemasaran Komoditi Sayuran (Olerikultura) = The Contestation of Modern and Traditional Markets in Vegetable Commodity Marketing (Olericulture). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0100316408_disertasi_cover1.jpg

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0100316408_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0100316408_disertasi_daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0100316408_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

AZISAH. Kontestasi Pasar Modern dan Pasar Tradisional dalam Pemasaran Komoditi Sayuran (Olerikultura) (dibimbing oleh M. Saleh S. Ali, Imam Mujahidin Fahmid, dan Rindam Latief).

Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika pasar tradisional dan pasar modern, stakeholder, dan perannya, kontestasi dan dampaknya.
Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Gowa, Bantaeng, Enrekang dan Makassar (Pasar Terong, Pa’Bang-baeng, Niaga Daya). Pasar modern yaitu Lotte, Hypermart dan Carrefour). Waktu penelitian yaitu Maret 2019-Mei 2020. Metode penelitian adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Analisis data penelitian ini yaitu analisis dinamika pasar, stakeholder, kontestasi dan dampaknya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pasar pada pasar modern dan tradisional memiliki perbedaan distribusi, penyimpanan komoditi, penyajian dan kegiatan jual beli stakeholder kunci pada pasar modern adalah pihak pemerintah. Stakeholder utama yaitu petani, pedagang pengumpul, distributor, pedagang besar, pemilik perusahaan, menejer pemasaran, supervisor dan karyawan. Stakeholder pendukung yaitu konsumen, lembaga keuangan, pesaing dan peneliti. Stakeholder kunci pasar tradisional yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi/Kota dan PD Pasar Makassar Raya. Stakeholder Utama yaitu petani, pedagang pengumpul, distributor, pedagang besar dan ecer serta kepala pasar dan perusahaan pihak ketiga. Pola kontestasi pada level makro adalah hibridisasi, koeksistensi dan zero sum game pada komoditi. Adapun pada karakterisasi konsumen adalah koeksistensi dan zero sum game, pada level mezo adalah hibridisasi dan koeksistensi dan mikro adalah zero sum game dan koeksistensi. Dampak kontestasi yaitu adanya dampak produksi pada petani. Dampak kelembagaan pada level distribusi. dampak terhadap daerah (pajak) kepuasan konsumen, lingkungan, dan ekonomi.
Keywords : Kontestasi; pasar modern dan tradisional; komoditi sayuran

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:19
Last Modified: 07 Apr 2022 05:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15265

Actions (login required)

View Item
View Item