INVESTIGASI EFEK ATRAKTAN DARI BEBERAPA EKSTRAK TANAMAN TERHADAP HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO = The Investigation of Attractant Effect of Several Plants Extracts on Cocoa Pod Borer


Firmansyah, Amanda Patappari (2022) INVESTIGASI EFEK ATRAKTAN DARI BEBERAPA EKSTRAK TANAMAN TERHADAP HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO = The Investigation of Attractant Effect of Several Plants Extracts on Cocoa Pod Borer. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0100316403_disertasi cover1.jpg

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0100316403_disertasi bab 1-2.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0100316403_disertasi daftar pustaka.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0100316403_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Investigasi Efek Atraktan Pada Beberapa Ekstrak Tanaman Terhadap Penggerek Buah Kakao
Amanda Patappari Firmansyah

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketertarikan imago PBK, jumlah rasio antara jantan dan betina imago PBK, persentase ketertarikan imago PBK, jumlah telur yang diletakkan imago PBK pada perlakuan ekstrak daun kopi robusta, daun wortel, ubi ungu dan asam klorogenik sebagai pembandingnya, dan mengetahui kadar asam klorogenik pada semua ekstrak tanaman.
Tahapan penelitian meliputi koleksi, esktraksi dan menghitung kadar asam klorogenik pada tanaman (daun kopi, daun wortel, dan ubi ungu), koleksi dan pemeliharaan serangga uji, dan bioassay. Bioassay dilakukan dengan menggunakan ekstrak tanaman yang terdiri dari konsentrasi 1%, 3%, 5%, dan 7% lalu diuji efek atraktannya pada imago PBK. Setelah didapatkan konsentrasi terbaik yakni 5% dan 7% maka dilakukan bioassay lanjutan untuk melihat jumlah telur yang diletakkan. Semua data hasil dari pengujian dianalisis dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) kemudian diuji lanjut menggunakan BNT. Analisis senyawa kimia tanaman menggunakan metode kromatografi lapis tipis dan TLC Scanner CAMAG 3.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan konsentrasi 5% ekstrak daun kopi dan asam klorogenik, dan konsentrasi 7% ekstrak daun wortel dan ubi ungu bersifat atraktan terhadap imago PBK. Imago betina lebih banyak pada setiap perlakuan khusunya pada ekstrak daun kopi dengan rasio jantan dan betina (1:6,8 ekor), Persentase ketertarikan imago PBK tertinggi pada ekstrak daun kopi konsentrasi 5% yakni 89% dengan kategori sangat tinggi. Peletakan telur paling banyak ditemukan pada buah kakao dengan perlakuan konsentrasi 5% ekstrak daun kopi yakni 2,29 butir. Asam klorogenik ditemukan pada semua ekstrak tanaman dengan konsentrasi kadar sebesar 3,22% di daun kopi; di ubi ungu sebesar 1,97%; dan di daun wortel sebesar 5,77%

Kata kunci : Hama PBK, kakao, ekstrak tanaman, asam klorogenik, atraktan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:18
Last Modified: 07 Apr 2022 05:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item
View Item