ANALISIS TURN ROUND TIME (TRT) KAPAL DI AREA KOLAM PELABUHAN MAKASSAR NEW PORT (Studi Kasus Di Pelabuhan Makassar New Port)


Tonapa, Royh Savhanta (2021) ANALISIS TURN ROUND TIME (TRT) KAPAL DI AREA KOLAM PELABUHAN MAKASSAR NEW PORT (Studi Kasus Di Pelabuhan Makassar New Port). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116506_skripsi_cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D32116506_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D32116506_skripsi_dp.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D32116506_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Royh Savhanta Tonapa “ Analisis Turn Round Time (TRT) Di Area Kolam Pelabuhan Makassar New Port (Studi Kasus di Pelabuhan Makassar New Port)” Dibimbing oleh Ashury, S.T., M.T. dan Dr.Ir. Chairul Paotonan, S.T., M.T.

Setiap tahunnya kunjungan kapal semakin meningkat. Masalah waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan kerugian dalam kegiatan ekspor impor yang seringkali menjadi objek tinjauan berkaitan dengan Pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Waktu-waktu pelayanan kapal kontainer di pelabuhan Makassar New Port, 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pelayanan kapal di perairan pelabuhan Makassar New Port. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun jenis sumber data yang digunakan yaitu dengan cara meninjau langsung kegiatan pelayanan kapal dan data juga diperoleh melalui pencatatan dokumen-dokumen perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Waktu-Waktu Pelayanan Kapal Kontainer di pelabuhan Makassar New Port tahun 2019-2020 sudah mencapai syarat standar kinerja operasional kapal dengan Approach Time diperoleh rata-rata waktu pelayanan In dan Out berkisaran 1:00-1:57 (HH-MM), dengan persentase masing-masing 4%, Postpone Time diperoleh Rata-Rata 10:47- 11:14 (HH:MM), dengan persentase postpone time in 13% dan Out 0%. Berthing time diperoleh rata-rata waktu pelayanan idle time, Not Operationtime dan Effective Time berkisaran 6:10-9:52 (HH:MM) dan 4:11-9:58 (HH:MM), dengan persentase 79%. Turn Round Time diperoleh rata-rata Waktu pelayanan Waiting Time dan Service Time masing-masing berkisaran 16:58- 21:07 (HH:MM) dan 6:00-11:56 (HH:MM), dengan persentase 100%. 2. Faktor yang mempengaruhi waktu pelayanan kapal diperairan Makassar New Port, yaitu pengaruh antrian kapal, yang diakibatkan besarnya Persentase Postpone time tertinggi yg di peroleh 48,36% dan keterlambatan kapal pandu di peroleh persentase Approach time tertinggi 8,70% sehingga kapal tidak tepat waktu dalam Jadwal yang telah di tentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makassar New Port, pelayanan kapal, pelabuhan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:04
Last Modified: 07 Apr 2022 05:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item
View Item