Analisis Intertemporal Ketimpangan Wilayah Indonesia = Intertempor Analysis Of Indonesia Regional Inequality


Haidir, Muhammad Akhmal (2022) Analisis Intertemporal Ketimpangan Wilayah Indonesia = Intertempor Analysis Of Indonesia Regional Inequality. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A032171006_tesis_cover1.jpg

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A032171006_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A032171006_tesis_dp.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A032171006_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh langsung dan tidak langsung pendapatan daerah, infrastruktur dan investasi terhadap ketimpangan wilayah 25 provinsi di Indonesia melalui pertumbuhan ekonomi sebelum dan setelah otonomi daerah.
Jenis data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa panel data (pooled data) yang menggabungkan data lintas daerah (cross-section) dan data lintas waktu (time series). Penganalisisan data menggunakan metode analisis regresi (regresi analysis).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pendapatan daerah berpengaruh positif secara langsung terhadap ketimpangan wilayah 25 provinsi di Indonesia sebelum otonomi daerah dan berpengaruh negatif setelah otonomi daerah secara tidak langsung tidak berpengaruh melalui pertumbuhan ekonomi sebelum otonomi daerah dan berpengaruh negatif setelah otonomi daerah. Infrastruktur berpengaruh positif secara langsung terhadap ketimpangan wilayah 25 provinsi di Indonesia sebelum otonomi daerah dan berpengaruh negatif setelah otonomi daerah dan secaraa tidak langsung tidak berpengaruh melalui pertumbuhan ekonomi sebelum otonomi daerah berpengaruh negatif setelah otonomi daerah. Investasi berpengaruh positif secara langsung terhadap ketimpangan wilayah 25 provinsi di Indonesia sebelum dan setelah otonomi daerah dan secaraa tidak langsung tidak berpengaruh melalui pertumbuhan ekonomi sebelum otonomi daerah dan berpengaruh positif setelah otonomi daerah.
Keywords : Pendapatan daerah, infrastruktur, investasi, pertumbuhan ekonomi, ketimpangan wilayah

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:35
Last Modified: 06 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item
View Item