Desain Media Pembelajaran Asuhan Kebidanan Balita Berbasis Android Dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Untuk Mendeteksi Dini Perkembangan Motorik Kasar Usia 6-12 Bulan


Kardina, Imelda (2022) Desain Media Pembelajaran Asuhan Kebidanan Balita Berbasis Android Dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Untuk Mendeteksi Dini Perkembangan Motorik Kasar Usia 6-12 Bulan. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191027_tesis_cover1.jpg

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191027_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
P102191027_tesis-dapus.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P102191027_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

IMELDA KARDINA. Desain Media Pembelajaran Asuhan Kebidanan Balita Berbasis Andorid Dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Untuk Mendeteksi Dini Perkembangan Motorik kasar Usia 6-12 Bulan (dibimbing oleh Sri Ramadha dan Yusring Sanusi B).
Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain media pembelajaran asuhan kebidanan balita berbasis android dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa untuk mendeteksi dini perkembangan motorik kasar usia 6 – 12 bulan.
Penelitian dilaksanakan di Akademi Kebidanan Tahira Al Baeti Kabupaten Bulukumba Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain Research and Development (R&D) dan untuk menilai keterampilan mahasiswa memakai Pre eksperimental (one group pretest and post test design). Metode R&D ini dikembangkan oleh Bord and Gall merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan menvalidasi media pembelajaran. Desain penelitian pre eksperimental diberikan untuk melihat pengaruh keterampilan sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran asuhan kebidanan balita berbasis android diberikan kepada mahasiswa. Subjek penelitian sebanyak 31 orang mahasiswa di akademi kebidanan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analize descriptive statistics dan Uji McNamer.
Hasil Penelitian: Penilaian media pembelajaran pada uji validasi ahli materi didapatkan nilai (95,45%) dengan kategori sangat layak sedangkan validasi ahli media (95,45%) dengan kategori sangat layak. Penilaian kegunaan media dengan menggunakan kuisioner Technologi Acceptance Model (TAM) dengan menilai aspek kemudahan, kegunaan, Kepercayaan, Niat pengguna dan Sikap pengguna dikategorikan baik. Berdasarkan hasil uji statistik keterampilan sebelum dan setelah diberikan media pembelajaran berbasis android terdapat perbedaan keterampilan yang signifikan dengan nilai p<α dimana 0,00<0.05.
Kesimpulan: Media pembelajaran asuhan kebidanan balita berbasis android dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa kebidanan dalam mendeteksi dini perkembangan motorik kasar usia 6-12 bulan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Perkembangan Motorik Kasar Keterampilan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:35
Last Modified: 06 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item
View Item