CAMPUR KODE PADA CUSTOMER SERVICE NOKIA CARE CENTRE MAKASSAR: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK


SAIN, YULIYANAH (2011) CAMPUR KODE PADA CUSTOMER SERVICE NOKIA CARE CENTRE MAKASSAR: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
--yuliyanahs-4228-1-yuliyana-n.pdf

Download (181kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini betujuan mengkaji campur kode pada customer service nokia
care centre Makassar.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dilakukan di Makassar. Data
penelitian adalah tuturan-tuturan para customer service dan pelangganyang
bersumber dari customer service. Sumber datanya adalah customer service yang
melakukan interaksi dengan pelanggan maupun sesama customer service.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan
catat. Populasi dalam penelitian seluruh tuturan yang terjadi antara customer
service dengan calon pelanggan saat penawaran produk dan persetujuan service.
Sampel penelitian ini sebanyak 50 tuturan yang dijadikan sebagai sampel. Hal ini
disebabkan karena populasinya memiliki kesamaan karakter pola tuturan, yaitu
pola tuturan pendahuluan, pola tuturan isi, dan pola tuturan penutup. Data
dianalisis dengan metode deskriptif fungsional bedasarkan fungsinya sebagi alat
komunikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa wujud campur kode pada komunikasi
customer service dan pelanggan di Nokia Care Centre Makassar terdiri atas,
campur kode dalam bentuk kata dan campur kode dalam bentuk frasa. Faktor
yang mempengaruhi penggunaan campur kode pada komunikasi customer
service dan pelanggan di Nokia Care Centre Makassar terdiri atas: faktor jenis
kelamin, faktor gengsi, faktor usia, faktor pendidikan dan faktor kelas sosial.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:50
Last Modified: 06 Apr 2022 01:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15216

Actions (login required)

View Item
View Item