STUDI TAHANAN KAPAL CEPAT AKIBAT PENGARUH BENTUK STEPPED U DAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT MENGGUNAKAN AUTODESK CFD


Dian, Penni (2022) STUDI TAHANAN KAPAL CEPAT AKIBAT PENGARUH BENTUK STEPPED U DAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT MENGGUNAKAN AUTODESK CFD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D031171012_skripsi_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D031171012_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D031171012_skripsi_dp.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D031171012_skripsi_05-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Prinsip dasar dari penggunaan lambung bertangga (Stepped planing hull) ialah mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi di bawah badan kapal, dan akan menambah daya tekan ke atas kapal (lifting force), sehingga dengan sendirinya akan mengurangi tahanan dan menaikkan efisiensi. Penambahan Deadrise angle pada stepped hull merupakan variasi baru yang dilakukan pada penelitian ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin tinggi derajat trim maka nilai tahanan kapal akan berkurang disebabkan oleh panjang garis air yang berkurang pula walaupun dengan kecepatan yang sama. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan software Maxsurf Modeler, Rhinoceros 6 untuk melakukan pemodelan kapal dan boundary layer, serta aplikasi Autodesk CFD untuk melakukan proses simulasi. Tahanan model kapal mengalami penurunan sesuai dengan penambahan jumlah stepped pada FnV yang sama. Penggunaan stepped sangat mempengaruhi tahanan kapal, dimana semakin bertambah jumlah stepped U maka semakin kecil pula tahanan yang didapatkan hal ini dipengaruhi oleh luas bidang basah suatu model, semakin cepat suatu aliran fluida semakin besar pula tekanan yang terjadi sehingga mengakibatkan daya angkat dan meminimalisir luas bidang basah yang tercelup. Tahanan terbaik adalah model 3 stepped U yang dapat mereduksi tahanan kapal paling besar yaitu sebesar 75.172% dibanding variasi jumlah stepped lainnya pada froud number yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:36
Last Modified: 06 Apr 2022 01:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15199

Actions (login required)

View Item
View Item