DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ASUHAN KEBIDANAN BALITA BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA UNTUK MENDETEKSI DINI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS USIA 6 – 12 BULAN


Mustafa, Ayu Resky (2022) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ASUHAN KEBIDANAN BALITA BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA UNTUK MENDETEKSI DINI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS USIA 6 – 12 BULAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191017_tesis_cover1.jpg

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191017_tesis_BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102191017_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191017_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain media pembelajaran asuhan kebidanan balita berbasis andoid dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa untuk mendeteksi dini perkembangan motorik halus usia 6-12 bulan.
Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba.
Penelitian ini menggunakan metode Combined Method yaitu Research and Development (R&D) dan Pre-eksperimen (one group pre-test dan post-test design). Media pembelajaran dikembangkan dan divalidasi menggunakan Research and Developmental (R&D) yang dikembangkan oleh Bord and Gall. Desain penelitian pre-eksperimen (one group pre-test dan post test design) untuk mengetahui peningkatan keterampilan mahasiswa sebelum dan setelah diberikan aplikasi media pembelajaran (GoMent). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang mahasiswa kebidanan tingkat tiga (III) dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menilai kegunaan aplikasi dengan menggunakan kuesioner Technology Acceptance Model Tam (TAM). Nilai variabel Perceived ease to use, Perceived usefulness, Trust, Behavior intention to use, Attitude toward using didapatkan hasil keseluruhan variabel yaitu dalam kategori baik yang dapat diartikan bahwa mahasiswa dapat menerima aplikasi media pembelajaran berbasis android dengan baik. Hasil uji statistic terhadap perolehan nilai sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa aplikasi GoMent berbasis android dimana hasil uji Mc Nemar diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang dapat disimpulkan secara statistic aplikasi Goment berbasis android signifikan dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa kebidanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi GoMent, Android, Keterampilan Mahasiswa Kebidanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 Apr 2022 00:09
Last Modified: 06 Apr 2022 00:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item
View Item