INVESTIGASI TAHANAN SECARA EKSPERIMEN PADA KAPAL PLANING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT DAN BENTUK STEPPED V


Akbar, Ahmad (2022) INVESTIGASI TAHANAN SECARA EKSPERIMEN PADA KAPAL PLANING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT DAN BENTUK STEPPED V. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D031171019_skripsi_31-03-2022 cover1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D031171019_skripsi_31-03-2022 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D031171019_skripsi_31-03-2022 daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D031171019_skripsi_31-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal cepat saat ini banyak mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain
kapal yang menjamin performa kapal saat berlayar dilautan, salah satunya pada modifikasi
hull. Salah satu modifikasi hull adalah perubahan bentuk lambung dengan Deadrise Angle
serta penambahan bentuk Stepped. Adapun prinsip dasar dari penggunaan Stepped
mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah
badan kapal. Variasi deadrise angle yang digunakan adalah 5 derajat dengan desain bentuk
Stepped V. Jumlah Stepped yang didesain adalah 1, 2, dan 3 Stepped. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui besar nilai tahanan model kapal Deadrise Angel 5 derajat dengan
bentuk Stepped V pada setiap kondisi trim berdasarkan analisis sofware maxsurf . Penelitian
ini dilaksanakan melalui eksperimen yang dilakukan dilaboratorium Hidrodinamika kapal untuk
mendapatkan kecepatan dan derajat trim model. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat
diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan model kapal
dengan menggunakan deadrise Angel 5 derajat Stepped V pada setiap kecepatan yang
berbeda. Berdasarkan analisa tahanan pada lambung deadrise angle 5 derajat Stepped V
diperoleh nilai tahanan total kapal menurun seiring penambahan jumlah Stepped dan nilai
tahanan total akan meningkat seiring dengan penambahan kecepatan serta peningkatan
kondisi trim kapal. Pada model kapal 3 Stepped V memiliki nilai tahanan yang lebih kecil
29.82% dibandingkan dengan model kapal 2 Stepped V dan 48.36% pada model 1 Stepped V
pada kecepatan yang sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:55
Last Modified: 05 Apr 2022 02:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item
View Item