“Gambaran Kunjungan Dan Hambatan Aksesibilitas Pasien Pada Unit Jawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai”

Sain, Saiful (2020) “Gambaran Kunjungan Dan Hambatan Aksesibilitas Pasien Pada Unit Jawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai”. Skripsi-S1 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181719_skripsi cover.png

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
R011181719_skripsi 1-2.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R011181719_skripsi dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181719_skripsi--------------.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Saiful Sain. R011181719, “Gambaran Kunjungan Dan Hambatan Aksesibilitas Pasien Pada Unit Jawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai” dibimbing oleh Rini Rachmawaty dan Abdul Majid.
Latar belakang: Kunjungan dan hambatan aksesibilitas pasien mempengaruhi pemanfaatan layanan kesehatan. Aksesibilitas yang sulit menjadi faktor hambatan aksesibilitas pelayanan rawat jalan
Tujuan: Mengetahui gambaran profil kunjungan pasien dan hambatan aksesibilitas pada unit rawat jalan RSUD Sinjai.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan survei deskriptif. Metode non probability sampling dengan tekhnik purposive sampling sebanyak 426 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner google form.
Hasil: Gambaran Kunjungan pasien : untuk kemampuan menggunakan layanan kesehatan (81%) dan pengetahuan tentang informasi layanan (65.7%) pada kategori kurang, sedangkan pada kepercayaan kesehatan (94,8%) pada kategori baik. Gambaran hambatan aksesibilitas Pasien mayoritas pada : Moda transportasi kendaraan pribadi (54.5%), kemampuan finansial dengan jaminan asuransi kesehatan (85.9%), kepemilikan asuransi dengan BPJS PBI (53.8%), lokasi layanan dengan jarak 10-50 km (53.8%), dan waktu tempuh 15-60 menit (53.8%).

Kesimpulan: Gambaran kunjungan pasien dengan kemampuan seseorang, kepercayaan kesehatan dan memperoleh pengetahuan informasi layanan kesehatan yang baik dapat memberi pengaruh dalam akses layanan kesehatan dirumah sakit. Jarak layanan dan waktu tempuh ke layanan kesehatan menjadi hambatan aksesibilitas pasien dirumah sakit. Untuk rumah sakit untuk lebih meningkatkan promosi layanan kesehatan dengan berbagai metode untuk mempermudah penyebaran informasi yang akurat ke calon pengguna layanan kesehatan.
Kata Kunci : kunjungan pasien, aksesibilitas, hambatan aksesibilitas pasien
Kepustakaan : 57 Kepustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Skripsi-S1)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:36
Last Modified: 18 Dec 2020 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item
View Item