ANALISIS PERBANDINGAN PENGELOLAAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada LAZNAS BMH Sul-Sel) = COMPARATIVE ANALYSIS OF ZAKAT MANAGEMENT IN NATIONAL AMIL ZAKAT INSTITUTIONS IN MAKASSAR CITY (Case Study on LAZNAS BMH Sul-Sel)


Hidayat, Taufik (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PENGELOLAAN ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada LAZNAS BMH Sul-Sel) = COMPARATIVE ANALYSIS OF ZAKAT MANAGEMENT IN NATIONAL AMIL ZAKAT INSTITUTIONS IN MAKASSAR CITY (Case Study on LAZNAS BMH Sul-Sel). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A31116035_skripsi_cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A31116035_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A31116035_skripsi_dp.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A31116035_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengelolaan zakat BMH sulsel dengan LAZNAS yang ada di kota makassar dan juga kesesuaian kebijakan dan analisis penghimpunan dan penyaluran zakat LAZNAS BMH Sulawesi selatan dengan Al-Qur’an, As-Sunnah dan Ijma’ para Ulama serta analisis laporan dana zakat BMH sesuai PSAK 109 dalam laporan keuangan LAZNAS BMH Sulawesi selatan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari peneltian ini adalah data primer, data diperoleh langsung dari kantor cabang BMH sulsel dan juga data sekunder, data yang diperoleh melalui internet. Data kemudian dianalisis dengan instrumen dari hasil studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan penghimpunan dan penyaluran dana zakat LAZNAS BMH Sulawesi Selatan telah sesuai dengan dalil-dalil yang ada dalam Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Ijma’ para Ulama serta memiliki organization value beexpert.
Kata Kunci: Al-Qur’an, As-Sunnah, Penyaluran, Laporan keuangan, PSAK 109.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:11
Last Modified: 04 Apr 2022 06:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15125

Actions (login required)

View Item
View Item