APLIKASI EKSTRAK DAUN KARAMUNTING (Melastoma malabathricum. L) TERHADAP PERTUMBUHAN, KEMATANGAN GONAD DAN PEMIJAHAN KEPITING RAJUNGAN (Portunus pelagicus)


Alam, Nur (2022) APLIKASI EKSTRAK DAUN KARAMUNTING (Melastoma malabathricum. L) TERHADAP PERTUMBUHAN, KEMATANGAN GONAD DAN PEMIJAHAN KEPITING RAJUNGAN (Portunus pelagicus). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L012171032_tesis_cover1.jpg

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L012171032_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L012171032_tesis_dp.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L012171032_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NUR ALAM. Aplikasi Ekstrak Daun Karamunting (Melastoma malabathricum L) terhadap Pertumbuhan, Kematangan Gonad dan Pemijahan Kepiting Rajungan (Portunus pelagicus) (dibimbing oleh Yushinta Fujaya dan Haryati).

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis ekstrak daun karamunting yang terbaik untuk mengakselerasi perkembangan gonad, pertumbuhan dan pemijahan kepiting rajungan (Portunus pelagicus).
Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - Agustus 2019 di Hatchery mini Tambak Pendidikan Unhas, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dosis ekstrak daun karamunting (Melastoma malabathricum) yang dicobakan, yaitu: 0 µg/g, 5 µg/g, 10 µg/g, 15 µg/g dan 20 µg/g bobot kepiting rajungan. Ekstrak dilarutkan dalam larutan injeksi NaCl fisiologis 0.82%, disuntikkan 0,1 mL/ekor ke hewan uji. Parameter yang diukur adalah pertambahan bobot (g), tingkat kematangan gonad (TKG), gonadosomatik indeks (GSI), dan tingkat pemijahan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pertambahan bobot rajungan setelah 20 hari penyuntikan. Penyuntikan ekstrak daun karamunting dengan dosis 15 µg/g menunjukkan tingkat perkembangan ovari tercepat. Uji Anova menunjukkan nilai GSI untuk perlakuan dosis 15 µg/g, berbeda nyata dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Penyuntikan ekstrak daun karamunting dengan dosis 15 dan 20 µg/g, menunjukkan tingkat pemijahan tertinggi, yaitu 100% setelah 30 hari pemeliharaan. Perlakuan tanpa penyuntikan ekstrak diperoleh tingkat pemijahan hanya sebesar 33%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosis 15 µg/g ekstrak daun karamunting (Melastoma malabathricum) mampu meningkatkan pertambahan bobot tubuh, menstimulasi pematangan gonad dan pemijahan induk kepiting rajungan (P. pelagicus)

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Karamunting, kematangan gonad, kepiting rajungan, pertumbuhan, pemijahan.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:10
Last Modified: 04 Apr 2022 06:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15103

Actions (login required)

View Item
View Item