ANALISIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA PERSATUAN KECAMATAN PULAU SEMBILAN KABUPATEN SINJAI


Fiqkrie, Mohd. (2021) ANALISIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA PERSATUAN KECAMATAN PULAU SEMBILAN KABUPATEN SINJAI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A31116020_skripsi_cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A31116020_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A31116020_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A31116020_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan anggaran dan pendapatan belanja desa (APBDesa) di Desa Persatuan Pulau Sembilan Sinjai. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan sumber data sekunder diperoleh dari buku, internet, dan dokumen-dokumen yang terkait. Informan dalam penelitian ini adalah kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, dan perwakilan tokoh masyarakat di Desa Persatuan Pulau Sembilan Sinjai. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan APBDesa di Desa Persatuan sudah berdasarkan pada prinsip transparansi maupun prinsip akuntabilitas, walaupun belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang ada. Dengan demikian perlu dilakukan penyempurnaan secara berkelanjutan dengan tetap menyesuaikan situasi dan kondisi serta perkembangan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:32
Last Modified: 04 Apr 2022 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15082

Actions (login required)

View Item
View Item