PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK ANGING MAMIRI DENGAN LIRIK DAN TANPA LIRIK TERHADAP ATENSI PADA PEKERJA POST-SHIFT MALAM BERDASARKAN TES FORWARD DIGIT SPAN


Khaeranih, Aayuh (2022) PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK ANGING MAMIRI DENGAN LIRIK DAN TANPA LIRIK TERHADAP ATENSI PADA PEKERJA POST-SHIFT MALAM BERDASARKAN TES FORWARD DIGIT SPAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C105216205_tesis_cover1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
C115216205_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
C105216205_tesis_dp.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
C115216205_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AAYUH KHAERANIH. Pengaruh Mendengarkan Musik Anging Mamiri Dengan Lirik Dan Tanpa Lirik Terhadap Atensi Pada Pekerja Post-Shift Malam Berdasarkan Tes Forward Digit Span (dibimbing oleh Hasmawaty Basir, Muhammad Akbar, Jumraini Tammasse, Cahyono Kaelan, Gita Vita Soraya).

Penelitian ini bertujuan mengetahui Untuk mengetahui pengaruh intervensi musik Anging Mamiri dengan lirik dan tanpa lirik terhadap peningkatan atensi pada pekerja shift malam.
Desain penelitian penelitian eksperimental dengan desain pre-test, post-test, pada 56 sampel di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo yang memenuhi kriteria inklusi. Atensi diukur dengan tes Forward Digit Span sebanyak 2x yaitu saat pretest dan posttest sambil mendengarkan musik Anging Mamiri Kelompok yang pertama mendengarkan musik dengan lirik. Kelompok kedua mendengarkan musik tanpa lirik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji Paired sample T-Test dan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan atensi pekerja post shift malam dengan mendengarkan musik anging mamiri dengan lirik dengan nilai (p=0,048). Peningkatan atensi pada kelompok intervensi musik Anging Mamiri dengan tanpa lirik jauh lebih besar dibanding kelompok intervensi musik Anging Mamiri dengan lirik. Hal ini terlihat pada delta mean pada musik tanpalirik sebesar 1.21, sedangkan pada musik dengan lirik memiliki delta mean 0.75.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Atensi, Forward Digit Span, Musik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:21
Last Modified: 01 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item
View Item