HUBUNGAN KADAR MAGNESIUM SERUM DENGAN FREKUENSI SERANGAN DAN INTENSITAS NYERI PADA MIGRAIN EPISODIK


Rahmawati, Rahmawati (2021) HUBUNGAN KADAR MAGNESIUM SERUM DENGAN FREKUENSI SERANGAN DAN INTENSITAS NYERI PADA MIGRAIN EPISODIK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
C115216204_tesis_bab 1-2.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C115216204_tesis_cover1.jpg

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
C115216204_tesis_dp.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
C115216204_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMAWATI. Hubungan Kadar Magnesium Serum dengan Frekuensi Serangan dan Intensitas Nyeri pada Migrain Episodik (dibimbing oleh Audry Devisanty Wuysang, Jumraini Tammasse, Muhammad Akbar, Ashari Bahar dan Joko Hendarto).

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kadar magnesium serum dengan frekuensi serangan dan intensitas nyeri pada penderita migrain episodik.
Desain penelitian adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional, pada 32 sampel di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, RS.Jejaring Pendidikan, dan Praktek Swasta Ahli Saraf yang memenuhi kriteria inklusi. Kadar magnesium serum diukur dengan pengambilan sampel darah vena dilakukan 1kali sebanyak 6 cc di laboratorium. Frekuensi serangan diukur dengan menghitung frekuensi serangan selama satu bulan. Intensitas nyeri diukur dengan menggunakan skala nyeri numeric pain rating scale (NPRS) setelah sebelumnya dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisis. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji Anova (uji bivariat) dan uji t-independent.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kadar magnesium serum dengan frekuensi serangan dengan nilai (p = 0.340) dan intensitas nyeri dengan nilai (p = 0.123) pada penderita migrain episodik. Dengan demikian, tidak terdapat hubungan antara kadar magnesium serum dengan frekuensi serangan dan intensitas nyeri pada penderita migrain episodik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: migrain episodik, kadar magnesium serum, frekuensi serangan, intensitas nyeri.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:16
Last Modified: 01 Apr 2022 02:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14969

Actions (login required)

View Item
View Item