Dampak Pengalaman Buruk Masa Kecil terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut = Impact of Adverse Childhood Experiences on Oral Health


Syahran, Izzatul Hurriyah (2022) Dampak Pengalaman Buruk Masa Kecil terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut = Impact of Adverse Childhood Experiences on Oral Health. Skripsi thesis, KODEPRODI12201#PENDIDIKAN DOKTER GIGI - S1.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011181342_skripsi_cover1.jpg

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011181342_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011181342_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011181342_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Latar Belakang : Masa kanak-kanak seharusnya memberikan kenangan yang manis dan berkesan baik sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, namun sebaliknya bagi anak yang mengalami tekanan psikologis atau masa kecil yang kurang menyenangkan (Adverse Childhood Experiences) dari sebuah keluarga, anak-anak akan mengalami kenangan traumatis yang mungkin sulit dilupakan. Adverse Childhood Experiences merupakan suatu peristiwa yang dapat berdampak pada timbulnya trauma yang dapat terjadi efek negatif dan berkelanjutan pada kesejahteraan dan kesehatan anak secara menyeluruh. Adverse Childhood Experiences dikaitkan dengan berbagai perubahan dalam struktur otak serta fungsi dan sistem neurobiologis yang responsif terhadap stress yang dapat mengganggu proses metabolisme tubuh sehingga kesehatan anak terganggu. Kesehatan anak yang terganggu tidak hanya secara mental, melainkan fisik. Salah satunya berdampak pada kesehatan gigi dan mulutnya. Kesehatan gigi dan mulut yang buruk terindikasi sebagai adanya penyakit periodontal dan karies sehingga memengaruhi terhadap gigi yang tersisa saat lansia dan aktivitas sehari-hari seseorang. Tujuan : Secara umum, literature review ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengalaman buruk masa kecil terhadap kesehatan gigi dan mulut pada artikel yang telah dipublikasi. Hasil: Dalam tinjauan literature ini, didapatkan hasil bahwa terdapat dua indikator dampak pengalaman buruk masa kecil terhadap kesehatan gigi dan mulut, yaitu orang dengan riwayat pengalaman buruk masa kecil akan kurang memiliki perawatan gigi , serta pengalaman buruk erat kaitannya dengan perilaku kesehatan negative yang dihasilkan oleh stress sehingga seseorang akan mencari sesuatu yang dapat menyenangkan dirinya, seperti merokok yang mengakibatkan adanya kondisi kesehatan mulut yang buruk seperti adanya penyakit periodontal. Anak-anak dengan empat atau lebih pengalaman buruk cenderung tidak pernah memiliki perawatan gigi preventif dibandingkan dengan anak yang memiliki pengalaman masa kecil yang buruk kurang dari empat sehingga kemungkinan besar memiliki kerusakan gigi yang tinggi, selain itu pengalaman buruk masa kecil meningkatkan risiko memiliki lebih sedikit gigi yang tersisa saat sudah menginjak usia lanjut. Kesimpulan: adanya dampak negative pada terjadinya pengalaman buruk masa kecil (adverse childhood experiences) terhadap kesehatan gigi dan mulut seseorang.
Keywords : Pengalaman Buruk Masa Kecil, Kesehatan Gigi dan Mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 05:30
Last Modified: 31 Mar 2022 05:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item
View Item