HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN STATUS ERUPSI GIGI INSISIVUS SENTRALIS MANDIBULA PADA ANAK STUNTING = RELATIONSHIP BETWEEN NUTRITIONAL STATUS AND DENTAL ERUPTION STATUS OF MANDIBULAR INCISIVUS IN STUNTING CHILDREN


Nur, Mifta Farid (2022) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN STATUS ERUPSI GIGI INSISIVUS SENTRALIS MANDIBULA PADA ANAK STUNTING = RELATIONSHIP BETWEEN NUTRITIONAL STATUS AND DENTAL ERUPTION STATUS OF MANDIBULAR INCISIVUS IN STUNTING CHILDREN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011171337_skripsi_cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011171337_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011171337_skripsi_dp.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011171337_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Erupsi gigi merupakan suatu proses pergerakan gigi yang normal ke arah rongga mulut dari posisi pertumbuhannya dalam tulang alveolar. Erupsi gigi di pengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya termasuk nutrisi. Gangguan nutrisi yang diderita oleh setiap anak memiliki hubungan yang erat terhadap status pertumbuhan dan perkembangan gigi geligi anak. Tujuan : Secara umum, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan erupsi gigi insisivus sentralis mandibula pada anak stunting. Metode : Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah literature review atau studi literatur dengan mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik studi kemudian melakukan sintesis pada jurnal penelitian ilmiah. Hasil: Hasil dari tinjauan literatur ini berdasarkan sintesis dari 15 jurnal penelitian ilmiah adalah adanya hubungan signikan antara status gizi dengan erupsi gigi insisivus sentralis mandibula pada anak stunting, dimana anak perempuan ditemukan 11% lebih kecil kemungkinannya terhambat dibandingkan dengan anak laki-laki. Kesimpulan: Kesimpulan dari tinjauan literatur ini menunjukkan bahwa hubungan status gizi dengan erupsi gigi insisivus sentralis mandibula pada anak juga dapat dipengaruhi oleh stunting, stunting memiliki korelasi pada anak yang memiliki indeks massa tubuh sehingga berpengaruh pada status erupsi gigi dengan berbagai faktor yang berpengaruh seperti asupan makanan yang diberika orang tua terhadap anaknya, pekerjaan orang tua dan kondisi sosial ekonomi.
Keywords : Status Gizi, Erupsi Gigi, Insisivus sentralis Mandibula, Stunting

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:48
Last Modified: 31 Mar 2022 02:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14888

Actions (login required)

View Item
View Item