NILAI-NILAI ADAT SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERKELANJUTAN DESA TANAH TOA, KAJANG = TRADITIONS VALUES AS THE BASIS FOR SUSTAINABLE NEIGHBORHOOD DEVELOPMENT IN TANAH TOA KAJANG VILLAGE


Bangsawan, Andi Gusti (2022) NILAI-NILAI ADAT SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERKELANJUTAN DESA TANAH TOA, KAJANG = TRADITIONS VALUES AS THE BASIS FOR SUSTAINABLE NEIGHBORHOOD DEVELOPMENT IN TANAH TOA KAJANG VILLAGE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52115024_skripsi_cover1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52115024_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52115024_skripsi_dp.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52115024_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Lingkungan permukiman dan segala bentuk pola dan strukturnya adalah hasil dari akal budi yang terwujud, sebagaimana komunitas adat Tanah Toa membentuk pola dan struktur lingkungan permukiman berdasarkan pengalaman empiris dan pengalaman spiritual yang mereka dapatkan sehingga tercipta suatu sistem kebudayaan yang memanfaatkan lingkungan hidup secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna nilai-nilai kebudayaan adat Tanah Toa Kajang dalam konteks keberlanjutan lingkungan permukiman. Data yang digunakan adalah data spasial, profil Desa Tanah Toa tahun 2019, serta informasi kualitatif melalui metode observasi lapangan, wawancara, kunjungan instansi, serta studi literatur. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif, mengeksplorasi nilai kebudayaan dengan pendekatan etnography. Hasil penelitian menunjukkan 1) keberadaan fasilitas penunjang dimanfaatkan secara komunal, terbatas dan sederhana tanpa unsur moderenisasi yang dianggap dapat merusak nilai kebudayaan Tanah Toa 2) masyarakat adat Tanah Toa merasakan kecukupan terhadap fasilitas penunjang yang terbatas karena dipengaruhi oleh pasang ri kajang. 3) Fasilitas penunjang lingkungan permukiman kawasan adat Tanah Toa Kajang relevan dengan prinsip keberlanjutan karena dipengaruhi oleh kepatuhan dan ketakutan masyarakat adat terhadap pasang ri kajang dan prinsi tallasa kamase-mase.
Keywords : Kebudayaan, nilai-nilai, Permukiman, Pembangunan, Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:10
Last Modified: 31 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item
View Item