Analisis investasi perahu sandeq dengan wilayah operasional Rangas - Sendan = Analysis of Sandeq Boat with operasional Area Rangas - Sendana


Susanto, Sandi (2022) Analisis investasi perahu sandeq dengan wilayah operasional Rangas - Sendan = Analysis of Sandeq Boat with operasional Area Rangas - Sendana. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116015_skripsi_cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116015_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116015_skripsi_dp.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116015_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sandi Susanto (D311 16 015). Analisis Investasi Perahu Sandeq Dengan Wilayah Operasional Rangas – Sendana dibawah bimbingan Andi Sitti Chaerunnisa dan Wihdat Djafar.
Analisa investasi merupakan analisa suatu usaha yang dilakukan untuk mengetahui resiko kerugian atau hasil yang akan didapat. Perahu sandeq adalah jenis perahu layar bercadik yang sudah lama digunakan oleh masyarakat suku mandar dengan ukuran paling kecil 6 m dan ukuran paling besar 16 m. Melihat potensi Perahu Sandeq cukup besar di masyarakat Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Majene dengan wilayah operasional Rangas-Sendana yang berpeluang banyak ikan yang ditangkap dan potensi perikanan yang cukup besar khususnya ikan tuna, ikan tongkol, cumi, cakalang dan layang. Dilihat dari besarnya biaya operasional yang dibutuhkan maka sebelum melakukan pengembangan atau investasi perahu sandeq yang pertama harus dilakukan adalah menganalisis kelayakan investasi Perahu Sandeq tersebut..
Wilayah pengoperasian yang dilakukan berada pada wilayah operasional Rangas – Sendana di pesisir pantai kelurahan Sendana, Kec. Banggae, Kab. Majene Sulawesi Barat. Sendana merupakan nama wilayah tempat penangkapan ikan yang biasanya ditempati nelayan, dengan rute Rangas - Sendana. Lokasi tersebut terdapat banyak perahu sandeq yang masih dioperasikan sampai sekarang. Penelitian ini ialah menentukan biaya investasi, biaya operasional, dan menilai kelayakan investasi perahu sandeq bermaterial kayu berukuran 6 meter. Metode yang dilakukan ialah metode observasi atau pengukuran langsung di lapangan. Jumlah perahu sandeq motor dengan ukuran panjang 6 meter sebanyak 6 perahu sandeq motor.
Penelitian ini dimulai dengan tahapan pengambilan data biaya investasi Perahu Sandeq dipadukan dengan data biaya operasional Perahu Sandeq yang beroperasi di wilayah Rangas-Sendana dengan menggunakan metode analisis kelayakan NPV,IRR,PP dan Analisis Sensitivitas.
Dari hasil analisis yang dilakukan pada 6 perahu sandeq diperoleh hasil bahawa semua dinyatakan layak dengan nilai NPV dari 38.323.178 hingga mencapai 175.410.255, nilai IRR dari 51% hingga 180%, nilai PP dari 1,34 tahun hingga 4,68 tahun, dan nilai analisis sensitivitas perahu sandeq dari 35% hingga mencapai 180%. Maka investasi Perahu Sandeq ukuran panjang 6 meter wilayah operasional Rangas-Sendana layak dilaksanakan
Kata kunci: Sandeq, Investasi, NPV, IRR, PP, Biaya Operasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:05
Last Modified: 31 Mar 2022 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item
View Item